Bursa Pencalonan Exco PSSI Bintan Makin Seru, Pemilihan Besok

Bursa Pencalonan Exco PSSI Bintan Makin Seru, Pemilihan Besok

Plt Ketua PSSI Bintan, Yusfreyendi (jaket coklat) dan pengurus lainnya. (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan, Batamnews - Kongres Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Seluruh Sepakbola Indonesia (PSSI) Bintan akan menggelar pemilihan pengurus komite eksekutif (executive comitee/exco), Senin (21/3/2022).

Kegiatan akan dilaksanakan di Wisma Karya Antam Kijang, Kecamatan Bintan Timur.

Plt Ketua PSSI Bintan, Yusfreyendi mengatakan, sebelum kongres ini dilaksanakan pihaknya telah melakukan serangkaian kegiatan. Mulai dari pertemuan, pembahasan, penjaringan dan pembukaan pendaftaran calon pengurus komite eksekutif.

Baca juga: Bupati Roby Optimis Atlet Balap Bintan Go Internasional

"Kemarin kita sudah menggelar tahapan kongres ini. Yaitu di Pasar Tani, disitu Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Kepri menunjuk saya sebagai Plt PSSI Bintan. Lalu diminta untuk menggelar pemilihan pengurus masa jabatan 2022-2026," ujar Yendi sapaan akrab pria ini kepada awak media, Minggu (20/3/2022).

Setelah dirinya ditunjuk sebagai Plt Ketua PSSI Bintan. Ketika itu juga dilakukan pemilihan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP). Lalu sosialisasi pemilihan komite eksekutif kepada klub-klub bola di Kabupaten Bintan.

Selanjutnya dilaksanakan penjaringan poter dari klub-klub. Dari 26 klub, masing-masing mengutus satu orang yang dapat menggunakan hak suaranya untuk mengusulkan nama-nama ketua, wakil, dan anggota komite eksekutif.

"Semua seleksi dan administrasi sudah dilakukan dengan matang dan ketat. Bahkan persyaratan bagi calon dalam pemilihan ini juga sangat berat. Dari wajib memiliki klub bola hingga lainnya. Namun semuanya dapat terpenuhi dan sesuai statuta," jelasnya.

Ketua KBP, R Nazarudin mengaku semua proses pemilihan komite eksekutif PSSI Bintan ini berjalan sangat ketat. Khususnya dari pengusulan, seleksi dan administrasi hingga pelaksanaan kongres nantinya

"Kita sudah lakukan pleno untuk menetapkan para bacalon menjadi calon. Besok para calon ini akan dipilih secara langsung oleh para poter yang mewakili masing-masing klub," katanya.

Untuk para calon, kata Nazarudin, sudah menandatangani persetujuan untuk siap mengikuti pemilihan. Kemudian mereka juga sudah menandatangani perjanjian jika tidak sedang dalam proses hukum pidana.

Para calon tersebut antara lain calon Ketua Komite Eksekutif dari pihak swasta yaitu Raja Ali Akbar memiliki Klub Biram Dewa dan Arwan merupakan Anggota DPRD Bintan dari Partai Golkar pemilik Klub PSXL.

Berikutnya calon Wakil Ketua Komite Eksekutif yaitu Arief Sumarsono merupakan Camat Gunung Kijang yang merupakan pengelola PS Katar Bintan. Lalu anggota Komite Eksekutif yaitu Rusli yang merupakan kades, pengelola Busung FC dan Jamal pengelola Klub Bintan Muda.

Baca juga: Bupati Katingan Bawa Camat-Kades Belajar Kelola Pembangunan di Bintan

"Untuk Calon Wakil Ketua awalnya 2 orang namun satu lagi mengundurkan diri dan ikut pemilihan sebagai anggota. Jadi calon wakil ketua itu tunggal tapi tidak aklamasi melakonkan tepat ikut dipilih. Jika tidak ada yang setuju kita buka lagi pendaftaran," sebutnya.

Dia sangat berharap semua pihak yang ikut dalam pemilihan Komite Eksekutif PSSI Bintan 2022-2026 ini hadir semua. Apabila tidak hadir bisa segera berikan mandat ke pengganti atau yang mewakili sehingga pemilihan dapat berjalan lancar.

"Para peserta maupun calon diminta taat protokol kesehatan pada acara pemilihan nantinya," ucapnya.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews