Komplotan Maling Ruko Kosong di Batam Diringkus Polisi, Gasak Kabel Instalasi

Komplotan Maling Ruko Kosong di Batam Diringkus Polisi, Gasak Kabel Instalasi

Ilustrasi

Batam, Batamnews - Masyarakat Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), harus mewaspadai jika memiliki bangunan yang tidak ditempati. Hal tersebut dikarenakan akhir-akhir ini banyak sekali kasus pencurian pada bangunan yang kosong.

Seperti yang terjadi di Kecamatan Lubuk Baja. Dalam sebulan sebanyak dua kasus pencurian bangunan kosong berhasil diungkap oleh pihak kepolisian. Bangunan yang diincar oleh para pelaku tersebut merupakan bangunan yang tak ditempati oleh pemiliknya.

Kapolsek Lubuk Baja Kompol Budi Hartono menyebutkan, pengungkapan pertama yakni sebuah bangunan milik J&J Club dan KTV yang berada di Windsor Foodcourt. Bangunan tersebut dulunya sebuah Club dan tutup sejak memasuki masa Pandemi Covid-19.

"Peristiwa tersebut terjadi pada Senin (21/3/2022) lalu dan pelaku merupakan mantan karyawannya dulu saat Club tersebut masih buka," ujar Hartono, Sabtu (19/3/2022).

Baca juga: Ruko Kosong di Lubuk Baja Dibobol Maling, Pintu hingga Pompa Air Raib

Menurutnya, saat itu pemilik bangunan melakukan pengecekan terhadap bangunan tersebut namun listrik pada bangunan itu tak dapat dihidupkan. Akhirnya korban memanggil bagian Instalasi untuk melakukan pengecekan, ternyata Sejumlah kabel Instalasi telah hilang dicuri.

"Diantaranya 50 meter kabel power 4x2 mm, 25 roll kabel k/c, 4x6 mm, 45 roll kabel lampu 1.5 mm, 35 roll stop kontak 2.5," kata Hartono.

Selain itu, korban juga kehilangan pipa AC serta selang diantaranya 300 batang pipa cond 3/4, 70 buah tedas simpang 3 UI/k 3/4, 15 roll selang AC 3/4 dan 15 roll selang AC 1/2.

Atas kejadian tersebut, korban mengalami kerugian senilai Rp 95.600.000 dan melapor ke Polsek Lubuk Baja. Pelaku pun berhasil diamankan pada Jumat (11/3/2022). Pelaku berinisial HS tersebut merupakan mantan karyawan di Club tersebut sehingga mengetahui isi dalam bangunan.

Baca juga: Bobol Kantor di Wilayah Batam Center, 4 Pemuda Diringkus Polisi

Kemudian, masih di wilayah Kecamatan Lubuk Baja, tiga orang pelaku beraksi di sebuah bangunan yang berada di Happy Garden. Sebuah bangunan kosong dibobol oleh ketiga pelaku. Saat itu, pemilik bangunan datang untuk mengecek situasi bangunan yang telah dikosongkan pada Rabu (16/3/2022) sore.

Pemilik bangunan melihat gembok dalam keadaan rusak. Namun pas pemilik masuk kedalam bangunan tersebut, terdapat tiga pelaku tengah melakukan aksinya didalam bangunan milik korban.

"Tiga pelaku ini yaitu AS, W dan WA," terangnya.

Ketiga pelaku pun diamankan karena mengambil kabel instalasi di ruko milik korban. Atas peristiwa tersebut korban mengalami kerugian senilai Rp 3 juta dan melapor ke Polsek Lubuk Baja. Saat ini ketiga pelaku tersebut tengah berada di Polsek Lubuk Baja guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews