Peran 4 Terduga Teroris Jemaah Islamiyah Ditangkap Densus 88 di Batam

Peran 4 Terduga Teroris Jemaah Islamiyah Ditangkap Densus 88 di Batam

Densus 88. (Foto: ilustrasi)

Batam, Batamnews - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap empat terduga teroris kelompok Jamaah Islamiyah (JI) di Kepulauan Riau, pada Rabu (16/3/2022). Empat terduga teroris itu berinisial AR, MS, AS dan DS.

Karopenmas Div Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menjelaskan peran terduga teroris tersebut. Menurut dia, keterlibatan terduga teroris AR dalam kelompok JI yaitu termasuk dalam struktur kepengurusan JI Batam sebagai pembina di bawah pimpinan Mudjahid yang merupakan Qoid Korda Batam.

Baca juga: Densus 88 Tangkap 4 Tersangka Teroris JI di Batam

AR juga tercatat ikut menghadiri pertemuan dengan seseorang di Batam dengan tujuan untuk bertemu dengan anggota JI di daerah Batam pada salah satu pondok di Batam pada tahun 2014.

Sementara keterlibatan terduga teroris MS yakni masuk ke dalam struktur kepengurusan JI Batam sebagai pembina di bawah pimpinan Mudjahid yang merupakan Qoid Korda Batam. Dia juga tercatat ikut menghadiri pertemuan dengan seseorang di Batam dengan tujuan untuk bertemu dengan anggota JI di salah satu pondok di Batam pada akhir tahun 2014.

"Barang bukti AR yaitu 12 buku Ar. Risalah dan barang bukti MS, satu busur panah serta 11 anak panah," ujar Ramadhan kepada wartawan, Kamis (17/3/2022).

Selanjutnya, keterlibatan terduga teroris AS yakni pada tahun 2017 sebagai Mudjahid merekomendasikan orang orang binaan Taklim (T3) termasuk dirinya untuk dikirimkan mengikuti penyaringan. Selain itu, dirinya merupakan Sub Bidang Tamhiz T3 yang berada di Medan.

Baca juga: Densus 88: Dokter Sunardi Tabrakkan Mobil ke Petugas

Berikutnya pada 2018, mengikuti penyaringan di Medan, ia disalurkan ke Adira untuk penjurusan kemudian kembali ke Batam dengan resmi menjadi anggota JI. Untuk barang bukti yang disita satu handphone android merk Vivo 21S.

Lalu, untuk DS yang ditangkap itu pada sekitar tahun 2012 menjabat sebagai bagian Dakwah Bidang T3 daerah Batam, serta menjadi pembina untuk merekrut anggota JI di wilayah Batam.

"Barang bukti yang diamankan, lima buku Ar Risalah dan satu buku Mizanul Muhsin," kata Ramadhan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews