Kampung Tua Belian di Batam Ditetapkan Jadi Kampung Pancasila

Kampung Tua Belian di Batam Ditetapkan Jadi Kampung Pancasila

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad saat meresmikan Kampung Tua Belian jadi Kampung Pancasila (Foto: Margaret/Batamnews)

Batam, Batamnews - Komando Distrik Militer (Kodim) 0316/Batam meresmikan Kampung Tua Belian Batam Centre menjadi Kampung Pancasila. Kampung Pancasila merupakan program yang digagas oleh TNI Angkatan Darat (AD).

Dengan program ini, setiap Kabupaten/Kota memiliki satu lokasi yang dijadikan sebagai pilot project (proyek percontohan) Kampung Pancasila.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0316/Batam, Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan mengatakan, Kampung Pancasila merupakan program pimpinan TNI yang memang akan diterapkan di seluruh Indonesia.

Tujuan diresmikannya Kampung Pancasila adalah pihaknya ingin kembali menumbuhkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa. Sehingga ke depan pihaknya akan memberikan wawasan kebangsaan kepada masyarakat setempat.

Baca juga: Pulau Penyengat di Tanjungpinang Ditetapkan Sebagai Rumah Restorative Justice

“Kampung Pancasila di Kampung Tua Belian ini akan menjadi pilot project,” ujarnya.

Sigit mengatakan sengaja memilih Kampung Tua Belian karena sejak sekitar 1800 tahun, kampung ini sudah ada penduduknya. Selain itu juga tercatat ada sekitar 14 suku yang tinggal di Kampung Tua Belian.

“Karena itu kami melihat ini sangat baik dijadikan sebagai Kampung Pancasila,” kata Sigit.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad yang hadir secara langsung peresmian tersebut mengapresiasi dengan peresmian Kampung Pancasila.

“Tentu kami sangat mendukung program yang digagas oleh TNI ini. Sehingga ke depan diharapkan dapat meningkatkan rasa kebersamaan antar masyarakat,” ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews