Bareskrim Imbau Hati-hati Jika Dapat Pesan Ini dari Whatsapp

Bareskrim Imbau Hati-hati Jika Dapat Pesan Ini dari Whatsapp

ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Penipuan di ranah online semakin marak terjadi. Bahkan melibatkan pihak yang berpura-pura menjadi platform populer seperti WhatsApp dan mencoba menipu para penggunanya.

Modusnya mengirimkan SMS mengatasnamakan WhatsApp. Hal ini diungkapkan oleh Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Mabes Polri.

Baca juga: Nomor WhatsApp Anda Diblokir Teman? Begini Cara Ceknya

Dalam akun @ccicpolri beberapa waktu lalu, disebutkan ini merupakan modus baru dalam pembajakan WhatsApp.

"Para penipu tak pernah kehabisan cara menjerat korbannya, termasuk melalui pesan penipuan yang dikirim dengan SMS. Salah satu bentuk penipuan SMS yaitu mengatasnamakan aplikasi pesan populer, WhatsApp," jelas Siber Polri.

Modus baru penipu digital (Doc. Instagram @ccicpolri)

Bareskrim menyebutkan pesan itu bukan dari WhatsApp. Namun hanya mengaku berasal dari platform pesan instan populer itu saja.

Pesan itu nampak seperti pengguna memenangkan sesuatu dan mereka akan mendapatkan hadiah ratusan juta rupiah. SMS juga berisi mengenai cara mendapatkan hadiah tersebut, dengan menekan link yang berada di dalamnya.

Menurut pihak kepolisian, diperkirakan tautan dalam pesan itu adalah jebakan phishing. Ini merupakan metode untuk menipu bertujuan mencuri akun para kobannya.

Baca juga: Deretan Risiko Jika Kamu Nekat Pakai Aplikasi Whatsapp KW

Polri juga mengingatkan bagi mereka yang menerima pesan itu, untuk tidak menekan link di dalamnya. Serta menegaskan jika SMS bukanlah resmi berasal dari pihak WhatsApp.

"Sebagai tindakan pencegahan, jika kamu menerima pesan tersebut maka sebaiknya jangan meng-klik tautan yang dicantumkan. Mengingat pesan itu tidak dikirimkan langsung oleh pihak WhatsApp, ada kemungkinan tautan akan menjebak konsumen seperti kasus phising yang banyak terjadi," jelas pihak Polri.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews