Nomor WhatsApp Anda Diblokir Teman? Begini Cara Ceknya

Nomor WhatsApp Anda Diblokir Teman? Begini Cara Ceknya

Ilustrasi. (Foto: Freepik)

Jakarta - Pernah merasa kirim pesan WhatsApp tapi tidak kunjung terkirim, apalagi mendapat balasan? Saat seperti itu, mungkin ada di antara kita yang bertanya-tanya, 'jangan-jangan nomor WhatsApp diblokir nih?'

Meski agak sulit menentukan apakah nomor WhatsApp kita diblokir oleh pengguna lain, sebenarnya pengguna WhatsApp masih bisa mengecek apakah seseorang telah memblokir nomor WhatsApp kita.

Informasi ini diungkapkan oleh WhatsApp melalui website resminya, berikut tips WhatsApp-nya:

1. Tidak Bisa Lihat Profil Foto

Salah satu ciri kalau nomor WhatsApp diblokir oleh pengguna lain, kamu tidak bisa melihat update foto profil WhatsApp yang diduga sudah memblokir kamu.

Kendati begitu, sebenarnya ketidakmampuan melihat foto profil kontak seseorang di WhatsApp juga bisa karena teman kita telah mengubah setting privasi WhatsApp profil mereka.

2. Tak Bisa Lihat Last Seen

Tanda kedua adalah, kita tidak bisa melihat status Last Seen atau terakhir online seseorang di layar chat.

Perlu kamu tahu, Last Seen bertujuan menginformasikan ke pengguna kapan terakhir kali teman kamu sedang memakai WhatsApp. Ini berarti Last Seen mengindikasikan waktu online seorang pengguna WhatsApp.

Nah, jika teman kita sedang online, teman tersebut tengah membuka WhatsApp pada perangkatnya dan terhubung ke internet. Last Seen merujuk pada terakhir kali teman kita menggunakan WhatsApp.

Namun, kalau kita tidak bisa melihat Last Seen seseorang, jangan langsung buru-buru menyimpulkan kalau kontak kita diblokir.

Pasalnya, selain karena diblokir, status Last Seen ataupun online juga bisa tidak terlihat karena seseorang mengatur setelah privasinya.

Selanjutnya....

 

3. Pesan Kok Cuma Centang Satu?

Jika akun WhatsApp kita diblokir seseorang, seberapa banyak kita mengirimkan pesan padanya, hanya akan terlihat centang satu di layar.

WhatsApp menyebut, tiap pesan yang dikirim ke kontak yang telah memblokir Anda akan selalu menampilkan tanda centang satu (pesan terkirim).

Jika kontak kita sudah diblokir, pesan tersebut tidak akan pernah menampilkan tanda centang kedua (pesan telah tersampaikan).

4. Ditelepon Tidak Nyambung

Tanda keempat kalau akun WhatsApp kita diblokir adalah, kita tidak bisa melakukan panggilan ke nomor kontak yang telah memblokir.

Menurut WhatsApp, jika kontak kita sudah diblokir, semua panggilan yang kita lakukan tidak akan terhubung.

5. Tidak Bisa Add Nomor Teman yang Memblokir, ke Grup Obrolan

Tanda kelima yang bisa jadi tanda kalau kontak kita mungkin diblokir pengguna lain adalah, ketika tidak bisa menambahkan nomor pengguna tersebut ke grup obrolan.

Pesan atau notifikasi yang muncul ketika tidak bisa menambahkan nomor kontak lain ke grup adalah "Anda tidak berwenang untuk menambahkan kontak ini."

Meski ada banyak indikator yang bisa dijadikan ciri kalau mungkin nomor kontak kamu telah diblokir pengguna lain, WhatsApp mengingatkan, tanda-tanda di atas hanyalah kemungkinan.

Artinya, WhatsApp juga tidak memberikan kepastian jika pengguna merasakan indikator-indikator di atas, nomornya benar telah diblokir.

"Kami sengaja membuat hal ini ambigu untuk melindungi privasi Anda ketika Anda memblokir seseorang. Oleh sebab itu, kami tidak dapat memberi tahu Anda (dengan pasti) jika seseorang sedang memblokir Anda," kata WhatsApp.


Komentar Via Facebook :