Mirip Flu Biasa, Kenali Gejala Omicron Pada Bayi

Mirip Flu Biasa, Kenali Gejala Omicron Pada Bayi

Gejala Corona pada bayi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/DA4554)

Jakarta, Batamnews - Penting untuk dapat mengenali gejala Omicron pada bayi, terlebih saat ini kasus varian Omicron yang sedang terjadi peningkatan di seluruh daerah di Tanah Air.

Hal ini menjadi kekhawatiran bagi banyak orang, khususnya bagi para orang tua. Gejala Omicron pada bayi perlu diwaspadai, agar bisa mendapatkan penanganan yang maksimal nantinya.

Walau infeksi Covid-19 biasanya lebih ringan pada anak-anak dan bayi, namun varian Omicron memiliki penyebaran yang sangat cepat dan bisa menyerang bayi atau anak kecil. 

Baca juga: Studi Vaksin Pfizer Bawa Kabar Tak Enak soal Omicron

Mengingat bahwa vaksin Covid-19 belum diizinkan untuk digunakan pada anak-anak di bawah usia 5 tahun, sehingga wajar untuk khawatir tentang bagaimana virus itu dapat memengaruhi bayi atau anak kecil.

Apa Saja Gejala Omicron Pada Bayi?

Dikutip dari What To Expect, CDC menyebutkan gejala Covid-19 meliputi:

* Demam

* Panas dingin

* Batuk

* Sesak napas

* Kelelahan

* Hilangnya indera perasa atau penciuman

* Nyeri otot atau tubuh

* Sakit kepala

* Sakit tenggorokan

* Hidung tersumbat atau pilek

* Mual

* Diare

Secara umum, gejala varian Omicron mirip dengan varian Delta. Sebuah studi gejala Covid yang sedang berlangsung di Inggris tidak menemukan perbedaan yang jelas antara gejala awal yang terkait dengan varian Delta dan Omicron.

Berdasarkan tes positif Covid-19 di daerah dengan prevalensi strain Omicron yang lebih tinggi melaporkan lima gejala ini paling sering ditemukan pada bayi:

Gejala Omicron pada bayi:

* Pilek

* Sakit kepala

* Masalah pencernaan

* Bersin

* Sakit tenggorokan

Pada bayi atau anak usia di bawah 5 tahun, gejala Omicron tampak mirip dengan varian Covid-19 lainnya. Omicron cenderung menyerang saluran napas bagian atas daripada saluran napas bagian bawah. Biasanya, keluhan datang dengan sakit tenggorokan yang sangat parah, batuk, hidung tersumbat, dan demam.

Baca juga: 4 Makanan Ini Bisa Bantu Meredakan Gejala Omicron

Namun pada beberapa anak, gejala varian Omicron mirip dengan gejala pilek biasa, tetapi gejala COVID-19 biasanya lebih parah daripada hidung tersumbat, pilek, batuk, dan sakit tenggorokan.

Gejala Omicron pada bayi mirip dengan gejala flu biasa. Jika memiliki bayi yang mengalami salah satu dari gejala tersebut, maka segera lakukan tes PCR atau antigen dan mengisolasi mereka sampai mendapatkan hasilnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews