Dinding Pembatas Jebol, Longsor Hantam Rumah di Kawasan Sukajadi

Dinding Pembatas Jebol, Longsor Hantam Rumah di Kawasan Sukajadi

Kondisi rumah yang dihantam longsor di kawasan Sukajadi, Batam. (foto: Edo)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Sebuah rumah di kawasan Sukajadi di Perumahan Nirwana, Jalan Pandan Bali Nomor 35, Batam, tertimpa longsor. Pagar pembatas di bagian belakang hancur akibat dorongan tanah yang dibawa oleh air, Senin (16/11/2015).

Tanah bercampur lumpur masuk ke dalam pekarangan belakang rumah dengan ketinggian mencapai pinggang orang dewasa. Setelah itu, air bercampur lumpur masuk ke dalam seluruh ruangan rumah setinggi mata kaki.

"Untuk pintu belakang ditutup, kalau tidak, tanah udah masuk ke dalam rumah," papar Jaelantik, penghuni rumah.

Kejadian longsor itu bermula saat air hujan mengalir dari sela-sela pagar pembatas di belakang rumah perumahan. Tidak lama kemudian terdengar suara seperti gemuruh.

Kemudian pagar pembatas bobol dibawa oleh debit tanah dan langsung memenuhi pekarangan belakang rumah. "Barang-barang di belakang berantakan, kulkas, mesin cuci sudah terbalik dihantam tanah. Barang-barang berantakan dan rusak, longsornya setinggi pinggang," ujar Jaelantik.

Longsor itu diduga akibat bukit di bagian belakang perumahan itu sudah gundul dibabat. Akibatnya tanah tidak kuat lagi menampung debit air, hingga terjadi longsor.

(edo)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews