Lonjakan Kasus Covid-19, Daya Tampung Asrama Haji Batam Lebihi Kapasitas

Lonjakan Kasus Covid-19, Daya Tampung Asrama Haji Batam Lebihi Kapasitas

Asrama Haji Batam yang menjadi lokasi karantina terpadu bagi pasien Corona bergejala ringan.

Batam, Batamnews - Kasus Covid-19 di Kota Batam, Kepulauan Riau masih tinggi. Hingga 25 Februari 2022, jumlah kasus Covid-19 telah mencapai 2.269 orang, dan penambahan kasus dalam sehari mencapai 324 orang. 

Dari jumlah kasus aktif tersebut, pasien Covid-19 yang menjalani isolasi terpadu di Asrama Haji telah mencapai 605 orang. 

Padahal daya tampung Asrama Haji hanya 576 tempat tidur sehingga sudah melebihi kapasitas. 

Sementara jumlah pasien yang menjalani isolasi mandiri (isoman) sebanyak 615 orang. Hal ini dikarenakan kondisi rumah sakit dan tempat isolasi lainnya dalam keadaan penuh.

Kasus kematian karena Covid-19 juga mengalami kenaikan, jumlah kematian sejak awal tahun hingga saat ini berjumlah 20 orang. 

Baca: Update Corona Batam: 324 Kasus Baru, 119 Sembuh, 2 Meninggal Dunia

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan lonjakan kasus Covid-19 di Batam bermula dari ditemukannya varian Omicron pada awal Feburari lalu. 

Namun kondisi pasien Covid-19 sejauh ini belum masuk kategori berat, tidak seperti varian Delta. Ruangan ICU juga jarang digunakan untuk merawat pasien Covid-19. 

“Kasus Covid-19 sekarang lebih ringan dibandingkan varian Delta,” ujar Didi, Jumat (25/2/2022).

Walaupun begitu, Didi mengimbau warga Kota Batam untuk selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes). Yakni pakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan dan menggunakan handsanitizer.

“Tetap saja, prokes itu harus diterapkan, tidak boleh tidak,” katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews