Dinkes Karimun Beberkan Capaian Vaksinasi, Booster Masih Minim

Dinkes Karimun Beberkan Capaian Vaksinasi, Booster Masih Minim

Seorang pelajar di Karimun diberikan suntikan vaksin oleh tenaga medis. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun, Batamnews - Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun mencatat capaian vaksinasi kategori anak-anak (usia 6-11 tahun) dan (usia 12-17 tahun) cukup baik. 

Kepala Dinas Kesehatan Karimun, Rachmadi mengatakan bahwa, capaian vaksin Covid-19 saat ini bervariasi untuk empat kategori yang ada.

Baca juga: Pemkab Karimun Mulai Gencarkan Vaksinasi Booster

"Untuk vaksin anak dan remaja, hasilnya menggembirakan dibanding kabupaten/kota lain di Kepri. Namun, untuk dewasa dan lansia masih sebatas capaian target. Terutama untuk vaksin booster yang masih terbilang rendah," kata Rachmadi.

Sementara vaksinasi ke- 3 (booster) juga masih tergolong masih rendah di tengah masyarakat yang seharusnya telah masuk masa 6 bulan.

Vaksinasi untuk anak-anak ada sejumlah kendala yang dihadapi oleh Dinas Kesehatan. Misalnya ada orangtua yang enggan anaknya divaksin.

"Meski ada kendala itu, capaian vaksin anak di Karimun termasuk paling tinggi di Kepri, yaitu 94,21 persen untuk dosis 1, dan 63,33 persen untuk dosis 2," ujar Rachmadi.

Sementara capaian vaksin untuk remaja usia 12-17 tahun, ia mengatakan lebih dari 100 persen di dosis pertama dari target awal.

Hal itu dikarenakan adanya remaja yang putus sekolah mengikuti vaksin, serta ada juga yang berasal dari luar daerah yang vaksin di Karimun yang bertepatan dengan waktu libur.

Capaian vaksin usia 12-17 tahun adalah 100,8 persen untuk dosis 1, dan untuk dosis ke 2 mencapai 84,99 persen.

Vaksin untuk dewasa

Kemudian, vaksin bagi orang dewasa dengan usia 18 tahun ke atas, dosis 1 sudah mencapai 85,29 persen, dosis 2 sebanyak 69,94 persen dan 2,99 persen untuk vaksin booster.

"Kenapa tidak bisa 100 persen untuk dewasa, karena adanya selisih data, dan juga tidak ada orangnya di Karimun, ada juga yang meninggal dunia. Selisihnya itu kemarin mencapai 30 ribuan orang," ujar Rachmadi.

Sementara itu, capaian vaksin bagi lansia juga masih tergolong rendah. Untuk dosis 1 mencapai 68,28 persen, dosis 2 mencapai 59,23 persen, dan vaksin booster 3,03 persen.

Baca juga: PBSI Karimun Gelar Vaksinasi Paket Lengkap

Capaian vaksin booster yang masih rendah di Karimun dikarenakan lambatnya proses dimulainya vaksin booster dengan daerah lainnya.

"Vaksin ke 3 atau booster kenapa masih rendah, itu karena kita lambat memulai. Yang pertama Kota Batam, Tanjungpinang, Bintan dan baru Karimun," ucapnya.

Meskipun demikian, Rachmadi tetap mengimbau masyarakat untuk mendatangi gerai vaksin yang sejumlah Faskes yang ada, untuk melakukan vaksinasi.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews