Dinkes Uji Sampel Penyebab Keracunan Belasan Pelajar di Lingga

Dinkes Uji Sampel Penyebab Keracunan Belasan Pelajar di Lingga

Belasan pelajar SMAN 3 Lingga keracunan dan dibawa ke Puskesmas Penuba, Kamis (17/2/2022).

Lingga, Batamnews - Sebanyak 18 orang pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Lingga di Penuba, Kecamatan Selayar, Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), keracunan makanan, Kamis (17/2/2022).

Mereka mengalami sesak nafas, mual-mual hingga muntah.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) di Dinas Kesehatan (Dinkes) Lingga, Ahmad Mudlofir mengatakan, saat ini sampel makanan dan air yang dikonsumsi siswa sudah diamankan.

"Sampel ini untuk diperiksakan ke Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam," kata dia kepada Batamnews, Kamis (17/2/2022) sore.

Baca juga: Duh, Belasan Pelajar SMA di Lingga Keracunan Makanan

Adapun sampel yang diambil dan akan diperiksakan di BTKLPP yakni, mie ayam yang diduga jadi penyebab, kemudian bahan muntahan, air (kuah mie ayam) dan air minum pelajar tersebut.

"Secepatnya akan kita kirim (ke BTKLPP)," sebutnya.

Sebagaimana diketahui, peristiwa ini terjadi Kamis (17/2/2022) pagi menjelang siang. Dugaan sementara, penyebab keracunan tersebut adalah mie ayam yang disantap para pelajar tersebut di kantin sekolah.

"Dugaan sementara keracunan mie ayam. Mereka makan di kantin sekolah," cetus Kepala Puskesmas Penuba, Ns Irhan Febriyanto ketika dihubungi Batamnews.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews