Minyak Goreng Murah Langka di Meranti, Minimarket Pilih Simpan Stok

Minyak Goreng Murah Langka di Meranti, Minimarket Pilih Simpan Stok

Ilustrasi.

Meranti, Batamnews - Kelangkaan minyak goreng terjadi di sejumlah wilayah Indonesia, termasuk di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

Dari pemantauan para petugas di dinas terkait, memang terjadi kekosongan stok di beberapa swalayan. Hal tersebut diinisiasi oleh harga eceran tertinggi (HET) atau belum menyesuaikan dengan standar aturan pemerintah.

"Memang benar (kelangkaan minyak goreng). Petugas kami sudah turun ke lapangan dan mendapati kekosongan stok di sejumlah minimarket," ujar Plt Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM (Disdagperinkop-UKM) Meranti, Marwan, belum lama ini.

Meski begitu, di sebagian warung-warung kelontong masih tersedia stoknya. Minyak goreng kemasan 1 liter, dijual dengan harga cukup tinggi, yakni Rp 20-22 ribu.

Dia menyebutkan, sebagian pengecer diketahui menyimpan minyak goreng kemasan itu. 

"Ada punya stok seperti merek Sunco dan Bimoli, mereka (minimarket) tidak berani jual. Kenapa demikian, kalau dijual dengan harga tinggi masyarakat akan mengeluh dan menyalahi aturan," kata Marwan.

Sementara itu, pihak distributor di Meranti masih belum memberikan harga subsidi minyak goreng kepada pengecer. 

Untuk diketahui, kebutuhan minyak goreng di kabupaten termuda di Riau itu lumayan tinggi. Per tahun mencapai 2,1 juta ton, artinya dalam sebulan kebutuhan masyarakat mencapai 175 ribu ton minyak goreng. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews