Cuma 53 Detik ! Ini Dia Penerbangan Terpendek di Dunia

Cuma 53 Detik ! Ini Dia Penerbangan Terpendek di Dunia

HondaJet  (Foto: Ilustrasi)

Jakarta, Batamnews - Wilayah Skotlandia, Inggris, punya penerbangan terpendek di dunia. Penerbangan ini melayani rute Westray, sebuah pulau di tepi kepulauan Orkney di utara Skotlandia, ke pulau Papa Westray yang lebih kecil dan terpencil.

Mengutip CNN International, Guinness World Records menobatkan penerbangan tersebut sebagai yang terpendek di dunia karena hanya menempuh jarak 2,7 kilometer dalam waktu sekitar dua menit. Namun, saat cuaca sedang bagus dan beban yang dibawa pesawat tidak berat, penerbangan hanya butuh waktu 53 detik.

Baca juga: Seorang Remaja Tolak Rp 71 Juta dari Elon Musk Agar Hapus Akun Pelacak Penerbangan

Rute Orkney-Papa Westray dilayani oleh Loganair. Mereka mengoperasikan pesawat kecil dengan kabin seukuran mobil van. Dengan pesawat kecil itu, mereka hanya bisa mengangkut delapan orang penumpang.

Tak seperti di pesawat komersil pada umumnya, penumpang tidak bisa memilih tempat duduk. Alokasi kursi penumpang ditentukan berdasarkan berat badan agar beban pesawat dapat terdistribusi secara merata.

Baca juga: Kenapa Jaringan 5G Bahayakan Penerbangan? 

Dalam sehari, ada dua hingga tiga kali jadwal penerbangan. Umumnya, penumpang adalah penduduk yang tinggal di pulau terpencil Papa Westray. Namun, di musim panas, ada juga beberapa turis yang ingin merasakan naik pesawat dengan rute terpendek sekaligus mengeksplorasi keindahan Pulau Papa Westray.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews