Padamkan Kebakaran 1 Hektare Lahan, Mobil Damkar Bintan Rusak

Padamkan Kebakaran 1 Hektare Lahan, Mobil Damkar Bintan Rusak

Petugas Damkar berupaya padamkan kebakaran lahan di Kijang Kota.

Bintan, Batamnews - Lahan seluas 1 Hektare (Ha) di Kampung Kolong Enam, Kijang Kota, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), ludes terbakar Rabu (26/1/2022). Hingga kini belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tersebut.

Camat Bintan Timur, Muhammad Sofyan membenarkan peristiwa itu. Lahan yang terbakar seluas 1 Ha itu milik PT Antam yang berada di Kampung Kolong Enam.

"Iya terbakar sore semalam. Alhamdulillah beberapa jam kemudian berhasil dipadamkan oleh UPTD Damkar Bintan Timur," ujar Sofyan, Kamis (27/1/2022).

Baca juga: 2 Hektare Lahan di Bintan Ludes dalam Sepekan Akibat Karhutla

Lahan yang terbakar merupakan lahan kosong dan gersang. Sehingga api mudah menyala apalagi kini cuaca panas dan angin sangat kencang membuat api dengan mudah menyebar luas.

Beruntung dalam musibah ini tidak sampai menelan korban jiwa dan juga tidak ada rumah yang ikut terbakar. Karena lokasi kebakaran masih jauh dari pemukiman warga.

"Semoga karhutla ini tidak terjadi lagi. Diminta kepada warga untuk tidak membakar sampah dan membuat puntung rokok sembarangan karena itu dapat memicu kebakaran," jelasnya.

Sementara itu, Kepala UPT Damkar Bintan Timur, Nurwendi mengatakan, karhutla terjadi di Kampung Kolong Enam, RT 01/RW 21. Kejadiannya sekitar pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Tim SAR Sisir Perairan Telang-Numbing Cari Nelayan Bintan yang Hilang

"Kita dapat informasi jam 3 sore kebakaran itu terjadi. Kita langsung kerahkan personil dan mobil damkar ke lokasi," katanya.

Setiba di lokasi, kobaran api sudah membesar karena yang terbakar adalah semak belukar. Kemudian deruan angin kencang membuat api mudah menyebar kemana-mana.

Kobaran api berhasil dipadamkan tiga jam kemudian. Meskipun api padam namun mobil damkar yang digunakan mengalami kerusakan pada bagian pendingin radiator.

"Alhamdulillah apinya padam jam 6 sore. Tapi mobil kita sempat rusak bagian cooler radiatornya. Mungkin faktor usia juga, mobil ini keluaran 2006," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews