Breaking News: Dua Kasus Omicron Ditemukan di Batam

Breaking News: Dua Kasus Omicron Ditemukan di Batam

Kota Batam. (ist)

Batam, Batamnews - Varian baru Covid-19 Omicron telah ditemukan di Kota Batam yang berasal dari dua Pekerja Migran Indonesia (PMI). Hal ini berdasarkan penuturan Wakil Ketua Harian Satuan Tugas Covid-19 Kepulauan Riau, Tjetjep Yudiana. 

Dua PMI tersebut diketahui berjenis kelamin perempuan, mereka merupakan PMI asal Malaysia. 

Baca juga: 3 Jenis Masker Efektif Tangkal Omicron Versi Kemenkes

Tjetjep mengatakan keduanya dinyatakan positif Covid-19 pada 13 Desember 2021, setelah itu dilakukan pemeriksaan sampel dengan metode S Gene Mutan Identification Test (SMIT). Saat ini mereka sedang dirawat di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang. 

“Kasusnya masih masuk probable yaitu masih dugaan kuat,” ujarnya, Rabu (19/1/2022). 

Ia menjelaskan, hasil temuan varian Omicron di Batam masih menggunakan metode SMIT yang dioperasikan oleh Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP), sedangkan Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) menggunakan metode whole genome sequencing (WGS). 

“Namun saat ini spesimen kedua PMI sudah dikirim ke Jakarta, hari ini sudah tiba di sana,” katanya. 

Ia memperkirakan hasil tes WGS tersebut bisa diketahui dalam kurun waktu 2-3 hari ke depan. 

Baca juga: China Temukan Kasus Omicron pada Pasien yang Sudah Divaksin Booster

Untuk mencegah penyebaran, pihaknya telah melakukan tracing (penelusuran kontak) terhadap orang-orang yang melakukan kontak dengan keduanya. Tjetjep juga memastikan, selama proses isolasi kedua PMI dipisah dengan pasien Covid-19 lainnya. 

“Terhadap situasi ini, masyarakat tidak usah cemas, pengamanan kontak dengan terduga kasus omicron ditangani dengan baik. Dan dijamin tidak kontak dengan masyarakat,” katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews