Pemain Muda Indonesia Bikin Thailand Panas Dingin 53 Menit

Pemain Muda Indonesia Bikin Thailand Panas Dingin 53 Menit

Aksi gelandang Timnas Indonesia, Witan Sulaeman saat Final leg 1 Piala AFF 2020. (Foto: PSSI)

Singapura, Batamnews - Timnas Indonesia menunjukkan performa impresif di leg kedua final Piala AFF. Mereka bahkan terus membuat Thailand tertekan sebelum akhirnya kebobolan di menit ke-54.

Kekalahan 0-4 pada leg pertama membuat Timnas Indonesia sangat sulit untuk mewujudkan mimpi juara. Skuad Garuda butuh menang dengan selisih lima gol pada leg kedua untuk bisa mengangkat trofi Piala AFF.

Baca juga: Gagal Juara, Indonesia Catat 6 Kali Runner-up Piala AFF

Meski demikian, Timnas Indonesia menunjukkan tekad pantang menyerah sejak laga leg kedua final Piala AFF dimulai. Witan Sulaeman dan kawan-kawan coba bermain agresif dan menekan pertahanan Thailand.

Usaha Timnas Indonesia membuahkan hasil. Tembakan Ricky Kambuaya di menit ketujuh berujung gol setelah tangkapan kiper Thailand, Siwarak Tedsungnoen tidak sempurna.

Momen gol pertama itu membangkitkan semangat skuad arahan Shin Tae Yong untuk bermain lebih enerjik.

Thailand memang masih meladeni permainan terbuka Timnas Indonesia di babak pertama. Namun pressing efektif yang diperagakan oleh Skuad Garuda membuat Thailand tak leluasa bergerak mengoyak pertahanan Timnas Indonesia.

Beberapa tembakan berbahaya yang dilepaskan pemain-pemain Thailand juga bisa dimentahkan oleh Nadeo Argawinata.

Dengan kondisi unggul 1-0 di babak pertama, Timnas Indonesia masih menjaga asa untuk mengejar agregat di babak kedua.

Momen penting terjadi di menit ke-52 saat Witan mendapat pelanggaran keras dari Weerathep Pomphan saat tengah melakukan serangan balik. Weerathep hanya diganjar kartu kuning atas aksinya ini.

Tak lama berselang dari momen tersebut, Thailand bisa mencetak gol lewat Adisak Kraisorn pada menit ke-53.

Gol ini mengangkat beban yang ada di pundak Thailand. Para pemain hingga pelatih Thailand begitu antusias merayakan gol ini.

Baca juga: Elkan Baggott hingga Rizky Ridho Menghilang di Final Leg II Piala AFF 2020

Sebaliknya bagi Indonesia, gol ini seolah membuyarkan mimpi untuk menciptakan keajaiban.

Dua menit berselang setelah gol pertama, Thailand kembali sukses menghukum Indonesia yang masih terlihat terpukul oleh gol pertama.

Ketika pertandingan berlanjut, Timnas Indonesia lalu berusaha untuk bangkit dan fokus kembali pada laga leg kedua. Timnas Indonesia berhasil mencetak gol penyama kedudukan lewat Egy Maulana Vikri di menit ke-80.

Meski gagal jadi juara, Timnas Indonesia berhasil menepati janji untuk berjuang habis-habisan di leg kedua.

(fox)