H-1 Natal, Penumpang di Pelabuhan Punggur Batam Capai 2 Ribu Orang

H-1 Natal, Penumpang di Pelabuhan Punggur Batam Capai 2 Ribu Orang

Pelabuhan Domestik Telaga Punggur, Batam. (Foto: Juna/batamnews)

Batam, Batamnews - Menjelang perayaan Natal dan Tahun baru ini, masyarakat Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) berbondong-bondong mudik. 

Perjalanan ke luar kota bahkan naik lebih dari 50 persen, khususnya penumpang yang menggunakan transportasi laut domestik.

Demikian diungkapkan Kasatker Terminal Ferry Tanjung Punggur, Suherman. Kata dia, kenaikan jumlah penumpang bisa sampai 2.000 orang.

"Kalau hari-hari biasa paling sekitar 700 penumpang. Tapi sekarang ini menjelang Natal naik sekitar 1.500, bahkan kalau weekend bisa sampai 2.000," ujarnya, Jumat (24/12/2021).

Ia mengatakan, kenaikan tersebut biasa terjadi ketika perayaan hari besar di tiap tahunnya. Lonjakan penumpang dirasakan mulai beberapa hari terakhir.

"Kami di sini juga dibantu beberapa pihak, salah satunya petugas dari kepolisian untuk bekerjasama mengamankan aktivitas keluar masuk penumpang," katanya.

Baca: Puluhan Ribu Penumpang Tinggalkan Karimun Jelang Perayaan Natal

Perjalanan ke luar daerah di dominasi ke wilayah Anambas dan juga Lingga. Lalu untuk kedatangan masih sama, dari Tanjungpinang dan Tanjunguban.

Kemudian, dilanjutkannya, syarat keberangkatan yang diterapkan jelang Natal dan Tahun Baru disesuaikan dengan edaran dari Gubernur Kepri yang terbaru.

"Tentunya penumpang disertai juga dengan sertifikat vaksin lengkap. Tapi juga kita siapkan untuk hal-hal urgen," kata Suherman. 

(jun)