Yahya Cholil Staquf Terpilih sebagai Ketua Umum PBNU

Yahya Cholil Staquf Terpilih sebagai Ketua Umum PBNU

Proses pemilihan caketum PBNU di Lampung. (Foto: YouTube)

Lampung - Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama memilih Yahya Cholil Staquf sebagai Ketua Umum PBNU periode 2021-2026, Jumat (24/12/2021).

Pria yang akrab disapa Gus Yahya itu mengalahkan petahana Said Aqil Siroj dalam voting yang berlangsung ketat sejak dini hari tadi.

Panitia yang membacakan kertas hasil voting bergantian menyebut "Gus Yahya..." atau "Kiai Said..". Suasana di arena Muktamar pun tampak tegang.

Namun hasil suara menunjukkan Gus Yahya unggul 337 suara jauh dari sang petahana 210 suara. Tidak sah 1 suara. Pendukung pun bersorak.

"KH Said Aqil Siroj MA 210 (suara), KH Yahya Cholil Staquf 337 (suara). Ada yang batal 1, total suara masuk 548 (suara)," ucap panitia membacakan hasil voting.

Proses pemilihan dimulai dari pengusulan PWNU dan PCNU se-Indonesia, kemudian dilakukan penyaringan tahap pertama. Hasil putaran pertama, Gus Yahya mendapatkan suara 327 suara, Said Aqil Siradj 203 suara, As’ad Said Ali mendapatkan 17 suara, Marzuki Mustamar 2 suara, Ramadhan Buayo 1 suara, abstain 1 suara dan batal 1 suara. Total suara 558.

Hanya dua nama yang memenuhi syarat yaitu Said Aqil dan Gus Yahya. Sesuai mekanisme di Tatib Muktamar, hasil penyaringan caketum itu dikonsultasikan kepada Rais Aam untuk musyawarah.
Namun, karena tak menemui titik temu, maka digelar pemilihan langsung secara votin yang berlangsung pagi ini.

Gus Yahya adalah ulama NU kelahiran Rembang Jawa Tengah pada 16 Februari 1966. Gus Yahya kini menjabat Katib Aam PBNU. Sementara di jabatan publik ia pernah menjabat Jubir Gus Dur hingga Wantimpres Jokowi di tahun 2018.

Gus Yahya merupakan kakak dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas (Gus Yaqut). Mereka memang lahir dan besar dari keluarga santri.
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews