5 Punggawa Garuda yang Belum Dimainkan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020

5 Punggawa Garuda yang Belum Dimainkan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020

Pemain Timnas Indonesia saat latihan (Foto:dok.PSSI)

Singapura, Batamnews - Timnas Indonesia telah melalui 5 laga, dimulai babak grup hingga semifinal leg pertama Piala AFF 2020. Dari kelima pertandingan yang telah digelar, ada lima pemain yang belum dimainkan oleh Pelatih Shin Tae-yong.

Kelima pemain tersebut adalah Muhammad Riyandi, Marcho Sandy Meraudje, Ahmad Agung, I Kadek Agung, dan Egy Maulana Vikri. Dari kelimanya, Egy jadi pemain yang paling telat bergabung.

Egy baru tiba di Singapura dari Slovakia pada Selasa (21/12/2021) malam. Egy bergabung dengan Evan Dimas dan kawan-kawan sejak Rabu (22/12/2021) pagi, tetapi tak dimainkan Shin saat lawan Singapura di semifinal leg pertama.

Shin baru berencana menurunkan pemain FK Senica itu pada pertandingan leg kedua pada Sabtu (25/12/2021). Namun tak ada jaminan pemain berposisi penyerang sayap ini akan menjadi pilihan utama.

Baca juga: 3 Kontroversi Laga Semifinal AFF Cup 2020, Indonesia Vs Singapura

Adapun kiper Riyandi tidak diketahui mengapa belum mendapat kepercayaan tampil di Piala AFF 2020. Ini cukup mengagetkan sebab kiper Barito Putera tersebut selalu jadi kiper utama dalam pertandingan uji coba jelang Piala AFF.

Asisten pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto menyebut Riyandi tidak dalam kondisi cedera. Soal mengapa pemain berusia 21 tersebut belum tampil di Piala AFF, murni karena keputusan Shin Tae-yong.

Sementara, Marckho Sandy sulit mendapatkan kesempatan main karena Asnawi Mangkualam Bahar tampil stabil di posisi bek kanan Timnas Indonesia. Saat pemain Ansan Greeners ini ditarik, Shin mengubah komposisi pertahanan menjadi tiga bek sejajar.

Karenanya peluang pemain Borneo FC itu tampil cukup kecil. Malahan Shin lebih memilih menampilkan Rizky Dwi Febrianto, pemain Arema FC yang datang menyusul setelah Liga 1 2021/2022 diliburkan.

Baca juga: Semifinal Piala AFF 2020 Vs Singapura: Skuad Garuda Gagal Menang

Ahmad Agung dan Kadek Agung juga belum tampil di Piala AFF 2020 karena persaingan lini tengah sangat ketat. Ricky Kambuaya tak tergantikan, sedangkan Evan, Rachmat Irianto, dan Ramai Rumakiek, tampil bergantian.

Ini membuat peluang Ahmad dan Kadek menipis. Hal sama dirasakan Syahrian Abimanyu. Bedanya Abi sudah tampil sekali saat melawan Kamboja, tetapi kemudian tak main lagi dalam empat laga berikutnya.

Namun kini Shin menyebut para pemain Timnas Indonesia mengalami kelelahan di Piala AFF. Hasil imbang 1-1 melawan Singapura pada Rabu (22/12) malam menunjukkan hal tersebut. Pemain tidak tampil optimal pada babak kedua.

Hal ini bisa jadi ruang bagi pemain yang masih memiliki kondisi bugar untuk dipercaya turun di laga berikutnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews