Kemnaker Gandeng Citramas Grup Perkuat Pelatihan Vokasi

Kemnaker Gandeng Citramas Grup Perkuat Pelatihan Vokasi

Nara Dewa (kanan) berbincang dengan Menaker Ida Fauziah dan Dirjen Binalattas Kemnaker di sela penandatangan MoU pelatihan vokasi. (Foto: ist/batamnews)

Batam, Batamnews - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menjalin kerja sama dengan 14 mitra instansi dan industri untuk memperkuat pelatihan vokasi di Balai Latihan Kerja (BLK).

Kerja sama ini diharapkan menginspirasi instansi dan industri lain untuk melakukan langkah serupa, guna mengakselerasi peningkatan kompetensi SDM Indonesia.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan bahwa akselerasi peningkatan kompetensi SDM diperlukan untuk mengatasi sejumlah tantangan ketenagakerjaan seperti mismatch ketenagakerjaan, penyiapan SDM menuju bonus demografi, serta mengatasi dampak pandemi Covid-19 di sektor ketenagakerjaan.

"Sehingga tidak ada pilihan bagi kita semua selain kerja kolaboratif, kerja sinergi, antara pemerintah dengan pemerintah daerah, antara pemerintah dengan dunia industri," katanya di Jakarta, Senin (13/12/2021) lalu.

Salah satu dari 14 mitra instansi dan industri yang terlibat dalam program ini adalah PT Citra Agramasinti Nusantara, grup Citramas. 

Perusahaan yang berbasis di Batam, Kepulauan Riau ini merupakan induk dari PT Kabil Citranusa, pengelola Kawasan Industri Terpadu Kabil dan PT Taman Resor Internet, pengelola Nongsa Digital Park.

Nara Dewa, Group HR Director, PT Citra Agramasinti Nusantara mengungkapkan nota kesepahaman tersebut meliputi kerjasama pelatihan instruktur, pelatihan berbasis kompetensi di 4 perusahaan teresebut.

"Akan ada pelatihan instruktur, pelatihan berbasis kompetensi, pemagangan dan penempatan sebanyak 800 orang setiap tahun untuk masa 5 tahun di 4 perusahaan tersebut," kata Nara saat dihubungi, Jumat (17/12/2021).

Ia mengatakan pelatihan ini akan mulai dibuka pada Januari 2022 mendatang.
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews