Ribuan Kasus Cerai Tiap Tahun di Batam, 2019 Paling Banyak

Ribuan Kasus Cerai Tiap Tahun di Batam, 2019 Paling Banyak

ilustrasi.

Batam, Batamnews - Ribuan kasus perceraian di Batam terjadi setiap tahunnya. Hal tersebut dapat terlihat dalam data yang dirilis Pengadilan Agama (PA), terkait putusan kasus cerai.

Dilihat batamnews dari direktori sistem informasi PA Batam, putusan kasus cerai pada 2021 saat ini mencapai 1.710, angka ini menurun dibanding 2020 yakni 1.963 putusan.

Baca juga: Bupati Gusar Kenapa Banyak Janda di Karimun Tahun Ini

Sedangkan pada 2019 mencapai 2.116 kasus perceraian, 2018 sebanyak 1.981 kasus perceraian yang diputuskan oleh PA Batam.

Dilansir batamnews dari berbagai sumber, ada hal-hal tertentu yang menjadi pemicu penyebab perceraian pada pasangan suami istri. 

Hal ini juga sudah diungkapkan oleh studi dalam jurnal Couple & Family Psychology yang mewawancara 52 individu yang bercerai.

Baca juga: Ramai Warga Sumsel Gugat Cerai Gegara Pandemi

Faktor tersebut antara lain: Ketiadaan Komitmen, perselingkuhan, konflik yang buruk dalam rumah tangga, menikah terlalu muda, masalah keuangan.

Sementara untuk faktor terakhir, yakni keuangan, beberapa pasangan lainnya menganggap bahwa faktor ini menjadi kontributor yang memicu terjadinya perceraian, dengan meningkatkan level stres, dan ketegangan dalam hubungan.

Ada banyak hal yang bisa menjadi pemicu perceraian. Namun, sudah menjadi tugas suami dan istri, sekaligus ibu dan anak, untuk menyelesaikan konflik yang tengah dihadapi, demi membina hubungan rumah tangga yang harmonis.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews