Begini Tanda-tanda Whatsapp Sedang Dibajak

Begini Tanda-tanda Whatsapp Sedang Dibajak

ilustrasi.

Batam, Batamnews - Peretasan siber bukan hanya terjadi pada website-website dengan banyak pengunjungnya saja. Namun juga bisa terjadi pada akun WhatsApp.

Para pelaku akan berusaha mendapatkan akses WhatsApp. Setelah masuk, maka mereka bisa mendapatkan seluruh percakapan atau membalas pesan seolah dari korban.

Baca juga: 4 Cara Mudah Mengubah Font WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Ada sejumlah tanda untuk mengidentifikasi akun WhatsApp kamu udah dibajak orang lain. Berikut ciri-cirinya, dikutip CNBC Indonesia dari berbagai sumber:

1. OTP

One Time Password (OTP) merupakan kode berisi enam digit nomor otentifikasi yang dikirimkan melalui SMS. Kode ini adalah gerbang masuk untuk mengakses WhatsApp.

OTP akan dikirimkan saat pengguna mencoba masuk ke akunnya. Jadi jika ada OTP yang masuk maka kemungkinan ada pihak lain yang memasang akun kamu di perangkat lain. Abaikan saja pesan itu dan tidak boleh memberikan kode OTP ke siapapun.

2. Keluar dari WhatsApp Web

Ini bisa jadi pertanda berikutnya akun WA kamu diretas. Kamu dapat mengetahui jika ada perangkat lain yang tidak dikenal mencoba mengakses akun WhatsApp.

Caranya dengan menekan ikon tiga titik di bagian kanan atas aplikasi. Pilih mode WhatsApp Web dan akan terlihat perangkat mana yang menggunakannya.

Baca juga: WhatsApp Kenalkan 2 Fitur Baru, Flash Call dan Lapor Pesan

3. Pesan Telah Terbaca

Saat ada pesan sudah terbaca ini bisa jadi kemungkinan akun WhatsApp sudah kena bajak atau disadap.

4. Pesan Terkirim Sendiri

Jika kamu tidak pernah merasa mengirimkan pesan, ini bisa jadi pertanda akun WhatsApp dibajak. Segera tingkatkan kewaspadaan.

Selanjutnya: Cara Mencegah WhatsApp Dibajak...

 

Untuk menghindari akun dibajak adalah dengan mengaktifkan two step verification di WhatsApp. Dengan cara ini membuat para pelaku kejahatan kesulitan mengakses akun, sebab mereka tidak tahu pin two step verification yang digunakan.

Ini cara mengaktifkannya:

* Klik ikon tiga titik di aplikasi WhatsApp.
* Pilih Settings.
* Masuk ke pengaturan Account.
* Pilih Two-step verification.
* WhatsApp akan meminta mengaktifkan two-step verification dengan PIN. Klik enable untuk mengaktifkan fitur.
* Buat PIN, masukkan enam digit sesuai dengan keinginan.
* Berikutnya akan diminta memasukkan alamat email yang terhubung dengan akun. Ini bertujuan untuk jika suatu saat ingin mengganti PIN.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews