Benarkah WhatsApp Intip Text dan Voice Chat Pengguna untuk Iklan?

Benarkah WhatsApp Intip Text dan Voice Chat Pengguna untuk Iklan?

ilustrasi.

Batam, Batamnews - Cerita soal aplikasi yang bisa 'mendengarkan' penggunanya sering terdengar dengan mereka mengaku tak lama setelah membicarakan suatu produk bisa langsung hadir di dunia maya. Hal itu juga yang dilaporkan seorang warganet pada akun WhatsApp.

Dalam laman Quora, seorang warganet mengklaim WhatsApp dapat mendengar isi chat penggunanya. Dia menceritakan pengalamannya sendiri beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan sempat mengirimkan pesan dengan salah satunya membicarakan merek permen. Namun keesokan harinya saat membuka website tertentu ternyata disuguhkan iklan merek permen tersebut.

Setelah itu, banyak warganet yang menuliskan pengalaman serupa. Misalnya membicarakan produk tertentu di chat dan berikutnya terlihat iklan merek dengan produk itu di media sosial lain.

Cerita yang sama sebenarnya sudah sering terdengar. Sering kali hasil pembicaraan WhatsApp tidak lama kemudian akan ada iklannya di Facebook dan Instagram. Bahkan bos Instagram, Adam Mosseri pernah membicarakan hal itu beberapa waktu lalu.

Menurutnya saat iklan yang muncul berkaitan dengan yang dibicarakan di WhatsApp ada dua kemungkinan. Pertama keberuntungan dan lainnya adalah alam bawah sadar akibat ketertarikan pada suatu hal.

"Anda mungkin secara tidak sadar berinteraksi dengan konten yang sesuai dengan minat Anda. Sebagai contoh, mungkin Anda tertarik pada makanan dan restoran. Kemudian Anda menemukan foto restoran di Facebook atau Instagram, dan Anda menyukai foto tersebut. Inilah yang kami sebut sebagai top of mind, mungkin hal tersebut dilakukan secara tidak sadar, dan konten serupa akan muncul kembali," ujar Adam pada 2019 lalu.

Dia mengklaim tidak pernah melihat pesan chat pengguna WhatsApp. Bahkan mendengarkannya melalui miikrofon handphone, sebab bertentangan dengan prinsip Instagram.

(fox)