Indonesia Sejajar China dan India, Masuk Daftar Negara Ekonomi Terbesar Dunia

Indonesia Sejajar China dan India, Masuk Daftar Negara Ekonomi Terbesar Dunia

Kota Jakarta. (ilustrasi)

Jakarta, Batamnews - Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu membeberkan asal usul Indonesia masuk dalam anggota negara G20. Salah satunya karena Indonesia merupakan negara yang memiliki posisi strategis. 

Dalam 20 tahun terakhir hingga sebelum pandemi, pertumbuhan ekonomi nasional selalu berada di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi global.

Baca juga: Ansar Ajak Seluruh Elemen Bangkit dari Keterpurukan Ekonomi

"Perekonomian Indonesia dalam 20 tahu terakhir tidak pernah di bawah perekonomian global," kata Febrio dalam webinar Presidensi G20: Manfaat Bagi Indonesia dan Dunia, Jakarta, Senin (6/12/2021).

Dia melanjutkan, forum G20 merupakan 20 negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Saat ini posisi Indonesia berada di urutan ke-16 berdasarkan PDB (Pendapatan Domestik Bruto).

Meski begitu, posisi Indonesia telah sejajar dengan China dan India yang pertumbuhan ekonomi negaranya selalu di atas rata-rata perekonomian global. Sementara negara-negara maju lainnya biasanya memiliki tren yang fluktuatif.

Baca juga: BI Prediksi Ekonomi Kepri Meningkat hingga 4,5 Persen

"Kalau negara lain silih berganti, kadang melebihi rata-rata perekonomian global atau sebaliknya. Tetapi mereka lebih sering di bawah rata-rata perekonomian global,” katanya.

Untuk itu, China, India dan Indonesia menjadi tiga negara yang memimpin dengan perekonomian global. Khususnya Indonesia yang dalam 15 tahun terakhir yang memiliki pertumbuhan di kisaran 5 persen hingga 6 persen.

"Indonesia, China dan India ini leader perekonomian global karena pertumbuhan ekonomi mereka bisa 2-3 persen," kata dia mengakhiri.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews