Menyebar ke Seluruh Dunia, Varian Corona Omicron Kini Terdeteksi di Korea Selatan

Menyebar ke Seluruh Dunia, Varian Corona Omicron Kini Terdeteksi di Korea Selatan

Ilustrasi. (Foto: Times of India)

Seoul - Varian Corona Omicron terus menyebar ke berbagai negara. Terkini, varian baru Covid-29 asal Afrika Selatan ini terdeteksi di Korea Selatan.

Otoritas kesehatan Negeri Ginseng mengatakan Omicron terdeteksi pada lima orang, termasuk pasangan yang divaksinasi lengkap yang telah mengunjungi Nigeria dari 14 hingga 23 November.

Mereka kembali dua hari sebelum varian tersebut dilaporkan secara resmi oleh Afrika Selatan dan dites positif terkena virus corona pada Kamis (2/12/2021).

Tes sekuensing genetik berikutnya menunjukkan itu adalah varian baru, kata Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) dilansir Today Online.

Meskipun masih banyak yang belum diketahui tentang Omicron, kemunculannya telah memicu kekhawatiran di Korea Selatan dan di seluruh dunia bahwa ia dapat mengintensifkan wabah Covid-19.

WHO yakin jumlah mutasi yang tinggi pada varian ini dapat membuatnya lebih mudah menular atau resisten terhadap vaksin, tetapi perlu waktu berminggu-minggu untuk menentukan apakah dan sejauh mana Omicron resisten terhadap vaksin.

Kemunculan varian baru ini telah membuat negara-negara di seluruh dunia telah bergegas untuk memberlakukan pembatasan - sebagian besar terhadap negara-negara Afrika selatan - ketika varian menyebar.

Ketika Korea Selatan melaporkan infeksi Omicron pertamanya, negara itu juga mengumumkan pengetatan pembatasan perjalanan, termasuk penangguhan penerbangan langsung ke Ethiopia selama dua minggu.

Dikatakan semua pendatang yang memasuki negara itu akan diuji untuk varian baru.

(gea)