UN 2016 Dilaksanakan 3 Kali, Ini Alasannya

UN 2016 Dilaksanakan 3 Kali, Ini Alasannya

Ilustrasi ujian nasional. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menetapkan bahwa pelaksanaan ujian nasional (UN) 2016 akan dilaksanakan pada Februari mendatang.

Rencananya juga, Kemendikbud akan menggelar tiga kali ujian nasional (UN) tahun 2016. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi para peserta didik untuk memperbaiki nilai-nilai mereka.

UN 2016 pertama merupakan ujian perbaikan bagi peserta UN 2015 yang belum memenuhi standar kompetensi lulusan (SKL) pada satu atau lebih mata pelajaran, dan berkeinginan memperbaikinya.

Sedangkan, UN 2016 kedua, merupakan ujian utama tahun 2016 dengan kisi-kisi baru, dan UN ketiga merupakan perbaikan bagi peserta UN tahun 2016.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud, Totok Suprayitno, pada rapat koordinasi Mendikbud dengan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala LPMP, dan Kepala P4TK seluruh Indonesia, beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, Totok juga menyampaikan bahwa pendaftaran UN akan dilakukan secara daring oleh kepala dinas pendidikan di seluruh Tanah Air.

"Pelaksanaannya akan akan berbasis cetak dan berbasis komputer," ujarnya.

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews