Kapal Cepat Buatan Batam, 'Senjata' Baru Bakamla Buru Penyelundup

Kapal Cepat Buatan Batam,

Kapal cepat buatan Batam ini akan dipakai Bakamla dalam patroli menjaga Selat Malaka. (Foto: ist/Batamnews)

Batam, Batamnews - Sebuah High Speed Craft (HSC) buatan industri maritim di Batam menjadi bagian kendaraan patroli Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI).

Kal dengan nomor lambung HSC 32-02 tersebut diresmikan langsung oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia di dermaga PT Palindk Marine Shipyard, Batam, Kepulauan Riau.

Aan Kurnia mengatakan, kapal HSC ini merupakan kapal kedua yang dimiliki Bakamla RI dan sangat diandalkan dalam penegakan hukum khususnya di wilayah pesisir Selat Malaka yang berbatasan dengan negara tetangga.

"Karena di daerah tersebut juga sangat terbuka sehingga memiliki potensi ancaman penyelundupan," ujar Aan. 

Menurutnya, karakteristik penyelundupan saat ini bergerak dengan menggunakan kapal berkecepatan tinggi sehingga untuk menghadapinya diperkukan aset patroli yang juga memiliki kecepatan tinggi.

"Dengan hadirnya kapal HSC 32-02 diharapkan mampu meningkatkan daya gentar terhadap pelaku kejahatan penyelundupan yang secara tidak langsung akan menekan niat dan mereduksi aktivitas penyelundupan," katanya. 

Adapun Spesifikasi kapal HSC tersebut memiliki panjang 14,30 meter, lebar 3,3 meter, bahan badan alumunium, mesin 3 x 425 HP, kecepatan hingga mencapai 65 knots dan akomodasi 6 orang. 

Ia juga mengapresiasi keberhasilan dari PT Palindk dalam membangun HSC tersebut yang merupakan wujud kemampuan industri maritim dalam negeri terhadap keamanan maritim nasional. 

"Saya berharap kedepan, kerja sama terus dapat berjalan, dan PT Palindk Marine Shipyard terus dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dalam penyediaan sarana patroli," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews