Tahun 2016, Banyak yang Ingin Beli Rumah dengan Kriteria Seperti Ini

Tahun 2016, Banyak yang Ingin Beli Rumah dengan Kriteria Seperti Ini

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Tahun 2016 sepertinya akan menjadi tahunnya bisnis properti. Banyak orang yang sudah berencana membeli rumah di tahun depan.

"Secara garis besar, bisnis properti primer memang melambat, tetapi properti sekunder masih tinggi. Rumah atau apartemen harga Rp 300 juta masih kencang pergerakannya," ucap Country Manager Rumah123.com, Ignatius Untung, di Jakarta, Selasa (3/11/2015).

Ignatius memaparkan, berdasakan hasil survei "Indonesia Property Sentiment Survey H2-2015" yang digagas situs Rumah123.com, sekitar 65 persen kelompok usia 21-30 tahun termotivasi untuk memiliki rumah sendiri. Mereka akan membeli rumah pertamanya.

Berdasarkan hasil suvei ini, hanya 6 persen anak muda yag ingin merenovasi rumahnya di tahun 2016.Bahkan, pada kelompok usia 31-40 tahun pun demikian. Mereka masih dalam taraf ingin membeli rumah baru sebagai rumah pertama maupun sebagai investasi. Hanya 10 persen saja yang ingin melakukan renovasi.

Selain usia, pendapatan juga menjadi indikator utama dalam survei yang dilakukan selama dua kali dalam setahun ini. Orang-orang dengan penghasilan di bawah Rp 100 juta dalam setahun memiliki tujuan utama untuk memiliki rumah sendiri. Rumah itu tentunya yang sesuai dengan kemampuan membayar mereka.

"Orang bergaji kurang dari Rp 100 juta per tahun cenderung mencari rumah dengan harga di bawah Rp 300 juta. Termasuk anak muda tadi," tandas Ignatius.

Rumah atau apartemen dengan harga itu memang menjadi primadona. Menurut Ignatius, orang-orang dengan penghasilan di atas Rp 1 miliar pun gemar mencari properti dengan harga di bawah Rp 300 juta. Selain murah, rumah atau apartemen seharga tersebut juga mudah untuk diinvestasikan kembali.

Laporan "Indonesia Property Sentiment Survey H2-2015" ini menggunakan metode survei dalam jaringan yang dimulai selama satu bulan, yakni sejak 15 Juli 2015 sampai 15 Agustus 2015.

[rul]

sumber: Kompas


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews