Pemko Batam Jadi yang Terbaik Pengelolaan Barang Milik Daerah

Pemko Batam Jadi yang Terbaik Pengelolaan Barang Milik Daerah

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi (Foto:ist)

Batam, Batamnews - Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) yang dilakukan Pemerintah Kota Batam mendapat apresiasi dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). Pemko Batam mendapat penghargaan terbaik pertama.

"Ini menjadi pemacu kinerja Pemko Batam untuk terus memberikan yang terbaik," kata Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Kamis (28/10/2021).

Ia mengatakan, dalam mengelola BMD. Sebelumnya, pegawai di lingkungan Pemko Batam sudah diberi Bimbingan Teknis Implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 47 Tahun 2021 untuk penerapan aplikasi E-BMD.

Baca juga: Cara Pemko Batam Antisipasi Klaster Penyebaran Covid di Sekolah

"Selalu kami tekankan, bahwa pengelolaan barang milik daerah harus dilakukan secara akuntabel, mulai perencanaan penganggaran, pemanfaatan, pemeliharaan, pemindahtanganan serta penghapusan," ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa Pemko Batam sudah sembilan kali menerima penghargaan penilaian wajar tanpa pengecualian (WTP) salah satu aspek penilaiannya adalah pengelolaan BMD.

"Dengan prestasi ini, ke depan pengurus barang di lingkungan Pemko Batam mengetahui bagaimana proses administrasi penatausahaan Barang Milik Daerah sesuai Permendagri Nomor 47 Tahun 2021," katanya.

Adapun penghargaan itu diselenggarakan Kantor Wilayah DJKN Riau, Sumbar, Kepri. Untuk Batam terbaik dalam kategori pengelolaan BMD dengan prestasi terbaik pertama dan disusul Pemko Tanjungpinang yang berada di posisi kedua.

(ruz)