Industri Penyumbang Tertinggi Ekspor Impor di Batam

Industri Penyumbang Tertinggi Ekspor Impor di Batam

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Sektor ekspor dan impor di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) terus meningkat sejak 2020 lalu hingga tahun ini.

Melandainya kasus Covid-19 dan penurunan status PPKM menjadikan sektor perekonomian di Batam terus menunjukkan tren positif, termasuk juga dalam hal ekspor-impor.

Komoditi penyumbang tertinggi dalam hal ekspor-impor masih didominasi oleh sektor industri. Year on year (y-o-y) ataupun month to month (m-t-m) mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

"Ya, benar. Yang terus berkembang sejak dari dulu itu sektor ekspor-impor," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam, Rahmad Iswanto, beberapa waktu lalu.

Berdasarkan data dari BPS lewat perkembangan neraca perdagangan, terhitung sejak Januari hingga Agustus 2021, Batam telah melakukan impor sebesar US$6.958.89.

Sedangkan untuk ekspor jumlahnya lebih besar dibandingkan impor, yakni sebesar US$7.268.33.

Untuk ekspor dari Agustus 2020 hingga Agustus tahun ini mengalami peningkatan sebanyak 17,14 persen.

Ekspor-impor yang terus konsisten ialah di sektor industri, dengan rata-rata persentase lebih di atas 85 persen. Dari Januari sampai Agustus 2021 sektor industri telah menyumbang 88,86 persen untuk ekspor. Kemudian 97,41 persen untuk impor.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews