Pemko Batam

Konsulat AS Jajaki Peningkatan Kerjasama Bilateral dan Investasi di Batam

Konsulat AS Jajaki Peningkatan Kerjasama Bilateral dan Investasi di Batam

Wali Kota Batam, Rudi menjamu pejabat Konsulat AS di Indonesia untuk wilayah Sumatera, Gordon Church. (Foto: ist/Batamnews)

Batam, Batamnews - Konsulat Amerika Serikat untuk Sumatera, Gordon Church mengunjungi Provinsi Kepulauan Riau selama dua hari di wilayah Kota Batam dan Kabupaten Bintan, 5-6 Oktober 2021. Kunjungan resmi tersebut  merupakan pertama kalinya.

Tujuannya untuk meningkatkan kerjasama yang sudah terjalin dengan Amerika Serikat di bidang keamanan, kesehatan masyarakat dan ekonomi. 

Gordon mengatakan, dalam kunjungannya ke Batam, Ia sudah bertemu dengan Wali Kota Batam, dan komunitas perusahaan asal Amerika Serikat yang beroperasi di Batam seperti Mc Dermott, Caterpillar, dan Apple Academy. 

Dari hasil pertemuan dengan perusahaan-perusahaan tersebut, Ia mengatakan Free Trade Zone (FTZ) masih memiliki peluang. 

“Setelah berbicara dengan perusahaan Amerika yang memanfaatkan FTZ di Batam, banyak peluang untuk mereka mengembangkan diri,” ujar Gordon. 

Tidak hanya itu, peluang lainnya juga bisa dimanfaatkan oleh investor asal AS untuk datang ke Batam. Pihaknya berharap kerjasama itu bisa semakin luas. 

Gordon juga menambahkan, ketika pandemi Covid-19 dimulai, kondisi bisnis mulai turun. Namun saat ini sudah mulai membaik dan perlahan bisa naik. 

Perusahaan Mc Dermott memiliki 8 ribu karyawan, Caterpillar memiliki karyawan diatas 1 ribu dan akan mulai ekpansi. Serta Apple Academy juga mampu melatih ratusan siswa.

“Mereka mengaku sangat positif melakukan bisnis di Batam,” kata dia. 

Selain di bidang ekonomi, Gordon juga mengatakan pemeringah AS juga bekerjasama  di bidang keamanan dan pertahanan. 

Dengan adanya pendanaan pusat latihan sekitar 3,5 juta dollar AS, pusat latihan ini diperuntukan bagi Badan Keamanan Laut (Bakamla) di Batam dan Coast Guard AS.

“Tujuannya meningkatkan kapasitas, latihan bersama ini juga bukan hanya ada di Kepri atau Indonesia, tetapi ada juga di seluruh dunia, tidak ada target tertentu,” kata dia. 

Untuk selanjutnya, hasil kunjungan tersebut akan diteruskan ke Kedutaan Besar AS. Gordon juga memastikan kunjungan pertama kali ini tidak hanya sekali, namun akan berkelanjutan. 

“Bisa juga dalam beberapa bulan kedepan, saya datang kembali,” ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews