Pikori BP Batam Gelar Vaksinasi Massal, Target 1.000 Orang Sehari

Pikori BP Batam Gelar Vaksinasi Massal, Target 1.000 Orang Sehari

Muhammad Rudi memantau vaksinasi massal yang digelar Pikori BP Batam.

Batam, Batamnews - Persatuan Istri Karyawan Otorita (Pikori) BP Batam menggelar vaksinasi massal bagi masyarakat Kota Batam, bertempat di Asrama Haji Batam. Kegiatan ini dimulai pada Selasa (5/10/2021), dan rencananya berakhir 13 Oktober mendatang.

Pikori Batam menargetkan ada 1.000 peserta yang akan divaksin setiap harinya. Vaksinasi massal ini merupakan salah satu bentuk dukungan agar program vaksinasi di Batam dapat tercapai 100 persen hingga bulan November.

Kegiatan ini juga menjadi salah satu program Pikori Batam dalam mendukung pemulihan perekonomian di tengah pandemi Covid-19.

"Bulan November saya targetkan sasaran sudah divaksin semua, terutama yang dosis satu. Ini kita gesa terus tidak lain untuk memulihkan kembali perekonomian di Batam," ucap Kepala BP Batam sekaligus Wali Kota Batam, Muhammad Rudi yang hadir dalam pembukaan kegiatan vaksinasi Pikori Batam.

Pihaknya pun menyatakan apresiasinya atas inisiatif Pikori BP Batam dalam memfasilitasi kegiatan vaksinasi massal untuk masyarakat Kota Batam.

"Terimakasih kepada Pikori. Ini merupakan bentuk dukungan untuk memulihkan kembali kegiatan ekonomi kita di Kota Batam. Upaya ini tidak hanya dapat dilakukan oleh pemerintah, tetapi juga tak lepas dari andil masyarakat luas," ucap Rudi.

Wakil Ketua 2 Pikori BP Batam, Endah Sulistiani Enoh mengungkapkan, animo masyarakat Batam cukup tinggi dalam mengikuti kegiatan vaksinasi massal kali ini. Di hari pertama, dari kuota 1.000 orang telah terdaftar 862 peserta. Adapun pendaftaran vaksinasi dapat diakses secara online melalui laman https://bit.ly/3l0YxKA.

Endah mengatakan, dengan dibantu sekitar 20 tenaga kesehatan, vaksinasi massal yang digelar Pikori BP Batam dapat memvaksin kurang lebih 135 orang per jam, sehingga lebih cepat dan efisien.

"Kegiatan ini merupakan salah satu program Pikori BP Batam, kami menargetkan sehari dapat memvaksin 1.000 orang. Mudah-mudahan itu bisa tercapai terus tiap hari sampai kita bisa memenuhi target pemerintah, yaitu 100 persen di bulan November 2021," kata Endah.

Selama ini, BP Batam telah berhasil menyuntikkan vaksin terhadap 11.444 peserta. Dari total tersebut, sebanyak 682 tenaga kesehatan telah divaksin dosis ketiga booster Moderna dengan capaian 85 persen dari total sasaran; kemudian karyawan BP Batam yang sudah divaksin berjumlah kurang lebih 2.500 orang.

Kegiatan vaksinasi ini terus digelar agar capaian semakin meningkat. Selain vaksinasi massal dari Pikori, BP Batam juga akan melaksanakan vaksinasi bagi ibu hamil dan menyusui, pada tanggal 9 Oktober mendatang.

"Target kami adalah seluruh masyarakat Batam. Kami akan terus menggesa capaian ini, agar herd immunity tercapai dan ekonomi Batam bergeliat kembali," tutur Endah.

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan vaksinasi massal oleh Pikori BP Batam, yakni Kepala BP Batam, Muhammad Rudi; Wakil Ketua Pikori BP Batam, Setiowati Purwiyanto; Wakil Ketua 1 Pikori BP Batam, Nunuk Winarsih Wahjoe; Wakil Ketua 2 Pikori BP Batam, Endah Sulistiani Enoh; Wakil Ketua 3 Pikori BP Batam, Nur Indrayati Sudirman; Wakil Ketua 4 Pikori BP Batam, Mulyaningsih Syahril; serta Kepala Biro Humas, Promosi dan Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait.

(ude)