Mengintip Kesiapan Pelaku Pariwisata di Batam Sambut Travel Bubble

Mengintip Kesiapan Pelaku Pariwisata di Batam Sambut Travel Bubble

Vaksinasi pelaku pariwisata di Batam, beberapa waktu lalu.

Batam, Batamnews - Kota Batam siap menerima kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) menyusul rencana pembukaan travel bubble yang akan dimulai pada Oktober ini.

Segala persiapan sudah ditempuh pemangku kebijakan hingga pelaku pariwisata di Batam. Mulai dari protokol kesehatan hingga persiapan lainnya.

"Persiapan sudah sejak jauh-jauh hari," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardi Winata, Sabtu (2/10/2021).

Ia mencontohkan vaksinasi bagi para pelaku wisata dari hulu hingga ke hilir seperti petugas tiketing, pegawai hotel dan restoran, anak buah kapal, maupun yang sudah manager.

Selain itu, pihaknya juga telah memberikan pengarahan kepada pemilik kawasan wisata, untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Disamping itu, Disbudpar memberikan sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment).

“Pada kawasan wisata, kami juga aktif melakukan tracing, testing maupun treatment,” katanya.

Menurutnya pembukaan travel bubble menjadi sebuah kesempatan yang bagus bagi para pelaku wisata, maupun pemerintah mengingat sektor pariwisata merupakan penyumbang 24 persen dari total Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Batam.

Namun hingga saat ini, Ardi mengaku belum ada keputusan resmi mengenai pembukaan travel bubble. Selain itu, kasus Covid-19 di Singapura juga sedang mengalami kenaikan.

“Pada prinsipnya, pintu wisata dibuka bisa dibuka dengan syarat tidak terjadi penyebaran Covid-19,” kata dia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews