Diserang Saat Ceramah, Ustaz Chaniago Yakin Pelaku Waras: Dia Fokus ke Saya

Diserang Saat Ceramah, Ustaz Chaniago Yakin Pelaku Waras: Dia Fokus ke Saya

Ustaz Chaniago. (Foto: instagram @abusyahidchaniago)

Batam, Batamnews - Ustaz Abu Syahid Chaniago menanggapi hasil pemeriksaan polisi jika pelaku penyerangannya saat ceramah sebagai orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). 

Ustaz Chaniago sebelumnya diserang tiba-tiba tersangka H saat memberikan ceramah di Masjid Baitusysyakur, Sei Jodoh, Kota Batam, Senin (20/9/2021) lalu.

Baca juga: H Tersenyum Difoto Polisi, Pria Asal Langsa yang Serang Ustaz Chaniago

Kepada Batamnews, Rabu (22/9/2021), Ustaz Chaniago mengatakan, kasus seperti ini tidak hanya terjadi padanya saja, melainkan sudah ada kasus-kasus sebelumnya yang serupa.

Namun hampir semuanya berakhir sam, bahwa pelaku disimpulkan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

“Startnya diserang, pas masuk ke ranah hukum finishnya depresi ODGJ, dan lain sebagainya. Tapi kalau saya nggak ingin berkomentar itu, tapi silahkan simpulkan sendiri,” ujar ustaz Chaniago.

Ustaz Chaniago mengaku melihat secara langsung gelagat pelaku saat akan menyerang. Menurutnya pelaku dalam keadaan normal.

“Saat melakukan aksinya di video itu dalam keadaan normal, dengan kuat, fokus, terarah dan akurat. Jadi sasarannya jelas. Kalau orang gila kan, tau kayak apanya. tapi ini fokus dan akurat. Kemudian orang depresi itu kan nggak akan seperti itu, jadi tanggapan saya pribadi kurang setuju kalau dikatakan depresi,” kata Ustaz Chaniago.

“Jadi yang saya alami dan saya lihat, dia melakukan aksinya dalam keadaan waras, normal, nggak ada tanda-tanda ODGJ atau sakit jiwa dan semua orang boleh bersaksi tentang itu saat kejadian,” katanya lagi.

Bahkan kata Ustaz Chaniago, pada saat sebelum masuk dan menyerang dia, pelaku sempat melakukan aksi yang membuat dia berfikir bahwa pelaku bukanlah ODGJ.

“Dia masuk ke dalam masjid, dari pintu sebelah kanan masjid. kemudian masuk dalam masjid dengan berjalan santai, lalu nggak lama setelah itu, dia langsung mengejar dan menyerang. Pas masuk matanya sempat melotot ke arah saya. Dia nggak ada ngeliat ke yang lain, jadi itu kan terarah,” ucapnya.

Baca juga: Penampakan Pelaku Penyerangan Ustaz Main Hp saat Ditahan Polisi

Saat ini tersangka H masih diamankan polisi. Sementara H disimpulkan depresi setelah polisi mendatangkan psikolog. 

Kasat Reskrim Polresta Barelang, Kompol Reza Tarigan menjelaskan hal itu.

“Kemarin sudah didalami dan hasilnya hari ini sudah keluar, hasilnya pelaku mengalami depresi,” ujar Reza, Selasa (21/9/2021).


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews