Menuju Fase Endemi, Pemerintah Malaysia Izinkan Bioskop Buka Kembali

Menuju Fase Endemi, Pemerintah Malaysia Izinkan Bioskop Buka Kembali

Ilustrasi.

Kuala Lumpur, Batamnews - Pemerintah Malaysia mengizinkan bioskop di sejumlah negara bagian beroperasi kembali mulai Kamis (9/9/2021) esok.

Kebijakan ini merupakan bagian dari pelonggaran aturan Covid-19, khususnya di Kuala Lumpur, Selangor dan Johor.

Channel News Asia melaporkan warga yang boleh menonton pertunjukan di bioskop adalah mereka yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap.

Pengelola bioskop hanya diizinkan beroperasi pada kapasitas 50 persen.

Negara bagian dan wilayah federal di bawah fase satu memiliki pembatasan COVID-19 yang paling ketat.

Kedah dan Putrajaya juga berada di bawah tahap pertama dari rencana pemulihan empat langkah, menurut situs web pemerintah Malaysia.

Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob mengatakan bahwa pertunjukan langsung seperti pertunjukan musikal, teater dan komedi dapat digelar dengan kapasitas 30 persen, dan hanya untuk orang-orang yang telah divaksinasi penuh.

“Keputusan ini merupakan salah satu upaya berkelanjutan pemerintah untuk mendorong kelangsungan ekonomi seniman dan industri kreatif,” tambahnya.

Tempat-tempat lain yang dapat beroperasi pada kapasitas 30 persen termasuk museum dan galeri seni - dengan perjanjian hanya untuk individu yang divaksinasi penuh.

Pertunjukan langsung atau rekaman di depan penonton yang divaksinasi penuh yang mengisi 30 persen ruang studio juga akan diizinkan.

"Syuting industri kreatif di dalam dan di luar studio (terbuka) untuk individu yang divaksinasi penuh; mengamen di dalam ruangan untuk individu yang divaksinasi penuh, dan pertunjukan di lounge hotel juga diperbolehkan untuk individu yang divaksinasi penuh," kata Ismail Sabri.

“Khususnya dalam upaya negara memasuki fase endemis pada akhir Oktober nanti… Insya Allah pemerintah akan selalu berkomitmen untuk mengambil pendekatan terbaik yang dapat memastikan pemulihan ekonomi negara demi kesejahteraan keluarga Malaysia," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews