Mau Nonton di Bioskop saat Pandemi? Baca Dulu Rekomendasi Ahli

Mau Nonton di Bioskop saat Pandemi? Baca Dulu Rekomendasi Ahli

Ilustrasi. (Foto: The Financial Express)

Batam - Sejumlah bioskop di Kota Batam, Kepulauan Riau sudah kembali beroperasi, setelah sempat tutup selama berbulan-bulan lantaran pandemi Corona.

Protokol kesehatan ketat diterapkan, mengingat aktivitas menonton film di bioskop masuk dalam daftar kegiatan berisiko tinggi tertular virus corona Covid-19, versi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC).

Itu terjadi karena saat menonton di dalam bioskop, orang akan berada dalam ruangan dengan jarak dekat satu sama lain dalam kurun waktu lama.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, seseorang rentan terinfeksi Covid-19 ketika berada dalam jarak satu meter dari seseorang yang positif setidaknya selama 15 menit.

Dikatakan Anne Rimoin, seorang profesor epidemiologi di UCLA Fielding School of Public Health, virus corona ditularkan melalui tetesan ketika kita berbicara, tertawa, dan bernapas.

"Bioskop adalah tempat Anda duduk dalam ruangan yang penuh dengan orang asing, mereka bisa makan dan minum selama dua hingga tiga jam dengan ventilasi yang kurang optimal," kata Anne dilansir Suara.com--jaringan Batamnews, Sabtu (5/12/2020).

Meski orang berbicara lebih sedikit di bioskop, tetapi masih ada kemungkinan penonton melepas masker kemudian tertawa, batuk, bersin hingga mencoba berbicara dengan teman di sebelah yang jaraknya satu setengah meter.

Karena alasan ini, pengelola bioskop harus menerapkan protokol kesehatan ketat seperti melakukan pemeriksaan suhu badan, membatasi usia pengunjung, dan mewajibkan penonton mengenakan masker.

Sebagai tambahan, Rimoin juga menyarankan agar orang-orang tidak menyentuh kursi dengan tangan dan sebisa mungkin menghindari pergi toilet. Jika tidak bisa, pengunjung disarankan membawa cairan pembersih tangan atau hand sanitizer dan tisu sendiri.

Meskipun semua tindakan ini dapat membantu mencegah penyebaran virus corona penyebab sakit Covid-19, namun tindakan tersebut tidak dapat menghentikan penyebaran ke angka nol.

CDC tetap tmerekomendasikan siapa pun yang berpartisipasi atau mengunjungi lokasi berisiko lebih tinggi terkena Covid-19 seperti bioskop, untuk tinggal di rumah selama 14 hari, menghindari kontak dengan orang-orang yang rentan terkena Covid-19, dan melakukan tes Covid-19.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews