Batam Segera Bangun Sirkuit MotoGP dan F1

Batam Segera Bangun Sirkuit MotoGP dan F1

ilustrasi sirkuit internasional.

Batam, Batamnews - Pencinta otomotif Tanah Air dibuat kagum dengan rencana pembangunan Sirkuit Internasional Batam di Kepulauan Riau.

Tidak tanggung-tanggung, sirkuit Internasional Batam akan digunakan sebagai lintasan untuk ajang balap MotoGP hingga F1.

Kabar tersebut disampaikan oleh Bambang Soesatyo selaku Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) sekaligus Ketua MPR RI.

Melansir deskripsi foto Instagram @bambang.soesatyo, Ketua Umum IMI telah mendiskusikan hal ini bersama Muhammad Rudi (Wali Kota Batam).

Tinton Soeprapto selaku Badan Pembina IMI Pusat juga hadir dalam pematangan proses pembuatan Sirkuit Internasional Batam.

"Rencananya sirkuit ini memiliki luas 154 hektar di Kecamatan Nongsa, Batam, Kepulauan Riau," buka Bambang Soesatyo.

Menurutnya, Sirkuit Internasional Batam memiliki jarak yang tidak jauh dari Bandara Hang Nadim.

"Kurang lebih 18 menit dari bandara dan 30 menit dari pelabuhan Ferry Batam Center," tambah pria yang memiliki panggilan Bamsoet ini.

 

Ia menjelaskan, lokasi Batam yang dekat dengan Singapura dan Malaysia membuat industri pariwisata di sana sangat kompetitif.

Dengan hadirnya sirkuit bertaraf internasional, ia berharap bisa jadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan mancanegara.

"Semoga bisa menjadi destinasi sport tourism unggulan dalam mendukung pengembangan Batam jadi salah satu kota wisata terbaik di Indonesia," lanjutnya.

Terlebih Sirkuit Internasional Batam direncanakan bisa untuk gelaran MotoGP dan F1.

Selain itu, di kawasan sirkuit bakal digunakan untuk berbagai kegiatan seperti off-road, rally, hingga motocross.

Artinya Indonesia akan memiliki dua sirkuit MotoGP bila sirkuit ini benar dibangun, yakni sirkuit Mandalika dan Sirkuit Internasional Batam.

(fox)