Waspada Gejala Covid-19 Pada Anak Selain Batuk dan Demam

Waspada Gejala Covid-19 Pada Anak Selain Batuk dan Demam

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Sejumlah wilayah di Indonesia mulai menerapkan pembelajaran sekolah tatap muka (PTM). Namun, pelaksanaanya tetap dengan protokol kesehatan ketat.

Tapi tetap saja pembelajaran tatap muka membuat tidak sedikit orang tua yang khawatir mengenai risiko Covid-19 pada buah hati mereka. Sebab, seperti orang dewasa, anak pun cukup rentan terpapar Corona.

"Sekitar 12,5 persen populasi terinfeksi corona adalah anak, tapi memang pada saat terinfeksi cenderung tidak berat," kata spesialis anak konsultan dr Ariani Dewi Widodo, SpA(K), dilansir dari detikcom, Jumat (3/9/2021).

Baca juga: Positif Corona di Bintan Melandai, Kasus Aktif 71 Orang

Pada anak, kata dr Ariani, masalah pencernaan menjadi gejala umum Covid-19 pada anak. Selain demam dan batuk, diare dan mual-muntah juga menjadi gejala Corona yang harus diwaspadai pada anak.

"Karakteristik Covid pada anak bisa berbeda. Masalah cerna cenderung lebih banyak pada anak," ujarnya.

Pernyataan dr Ariani sejalan dengan temuan baru para ilmuwan di Universitas Belfast, Irlandia Utara. Mereka menemukan tiga gejala Corona yang diidentifikasi pada anak seperti diare, sakit perut, dan muntah.

"Kami menemukan bahwa diare dan muntah adalah gejala yang dilaporkan oleh beberapa anak, dan saya pikir menambahkannya ke daftar gejala yang di kini diketahui perlu dipertimbangkan," kata peneliti Dr Tom Waterfield.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews