Xiaomi Lirik Bisnis Kendaran Listrik Pintar

Xiaomi Lirik Bisnis Kendaran Listrik Pintar

CEO Xiaomi Lei Jun menunjukkan logo baru perusahaan (Foto: Xiaomi Indonesia).

Jakarta - Raksasa telekomunikasi China, Xiaomi mulai melebarkan sayap ke sektor bisnis lain. Mereka meliriki bisnis kendaraan listrik.

Xiaomi telah mendaftarkan unit bisnis bernama Xiaomi EV ini dengan modal investasi awal sebesar 10 miliar yuan.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (4/9/2021), langkah ini menjadi tonggak penting realisasi inisiatif kendaraan listrik pintar Xiaomi yang sudah masuk fase pengembangan.

Pada Maret 2021, CEO dan pendiri Xiaomi, Lei Jun memang telah mengumumkan inisiatif bisnis kendaraan listrik. Ketika itu, Lei Jun juga menyatakan komitmen perusahaan Tiongkok ini untuk menginvestasikan sekitar 10 miliar USD (Rp 216 triliun) dalam 10 tahun mendatang untuk inisiatif bisnis ini.

Lei Jun sendiri saat ini telah resmi menjadi kuasa hukum Xiaomi EV dan secara langsung memimpin tim produksi. Di sisi lain, tim Xiaomi EV telah melakukan lebih dari 2.000 survei dan mengunjungi 10 pelaku industri untuk memahami rantai industri secara menyeluruh untuk merumuskan pengembangan produk.

Pada pertemuan laporan pendapatan Q2 2021, Presiden Xiaomi Wang Xiang juga menuturkan perusahaan mendapat sambutan luar biasa dari pelaku industri otomotif. Hal itu diperlihatkan dengan adanya 20.000 aplikasi kerja yang menunjukkan minat untuk bergabung.

Selain itu, sebagai bentuk kesiapan Xiaomi membangun teknologi otomotif, sejak 25 Agustus perusahaan telah mengumumkan akusisi terhadap Deepmotion Tech, perusahaan teknologi kendaraan otonom.

Berbekal persiapan tersebut, Xiaomi pun percaya diri dapat mengumpulkan tenaga ahli terbaik di bidang kecerdasan buatan, material produk, dan teknologi lain untuk mendukung pengembangan Xiaomi EV. Karenanya, saat ini perusahaan pun membuka kesempatan para individu berbakat di seluruh dunia untuk bergabung.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews