DPRD Minta Pemprov Bantu Promosikan Produk UMKM di Kepri

DPRD Minta Pemprov Bantu Promosikan Produk UMKM di Kepri

H. Muhamamd Taufik (berkopiah) saat mengunjungi pelaku UMKM di Kabupaten Karimun (Foto:ist)

Karimun, Batamnews - Ketua Komisi II DPRD Kepulauan Riau (Kepri), H Muhammad Taufiq berharap Pemprov bisa membantu mempromosikan dan membina manajerial UMKM di Provinsi Kepri.

"Saya mengapresiasi bantuan permodalan yang selama ini diberikan untuk UMKM di Kepri, namun saya pikir yang dibutuhkan selain itu adalah promosi dan membina manajerial atau tata kelola UMKM agar tumbuh maju dan mandiri," kata dia disela-sela reses di Kabupaten Karimun, Selasa (31/8/2021).

Taufiq menjelaskan, di Karimun banyak UMKM yang mengeluhkan kondisi ini. Maka menurutnya, hal ini adalah persoalan yang perlu menjadi perhatian khusus bahkan utama.

Baca juga: Pemprov Kepri Targetkan Pinjaman Lunak UMKM Terealisasi September

"Kalau kita terus kasih bantuan pembiayaan tapi tata kelola dan promosi tidak dibantu, ya bisa menguap bantuannya. Bantuan juga harus transparan dan tepat sasaran, saya berharap Dinas Koperasi dan UMKM memperhatikan hal ini  ke depannya," kata Politisi PKS tersebut.

Menurutnya, Pemprov Kepri bisa saja membuat pelatihan tata kelola atau event-event promosi dalam bentuk digitalisasi media atau media sosial.

Selain itu, dia berharap semua kebijakan terkait UMKM juga berangkat dari data dengan pendataan yang baik. Dengan begitu, tentu akan sangat membantu Pemprov Kepri ke depan dalam menyusun program dan kebijakan terkait UMKM.

(ruz)