Cara Agar Tak Berjerawat saat Pakai Masker

Cara Agar Tak Berjerawat saat Pakai Masker

Memakai masker saat pandemi berefek pada masalah kulit seperti jerawat. Berikut sejumlah cara agar tak berjerawat saat pakai masker.(Foto: iStockphoto/LeoPatrizi)

Jakarta, Batamnews - Pandemi Covid-19 membuat setiap orang mesti memakai masker untuk mencegah infeksi virus corona. Masker bahkan bisa dipakai seharian penuh saat berada di luar ruangan.

Efek pemakaian masker dalam waktu yang lama ini dapat menimbulkan masalah kulit seperti jerawat dan ruam. Bahkan muncul fenomena maskne (mask acne) atau jerawat yang muncul karena penggunaan masker. Berikut cara agar tak berjerawat saat pakai masker.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Rumah Sakit Pondok Indah, Susie Rendra menyebut penggunaan masker memang bisa memicu berbagai permasalahan kulit. Mulai dari jerawat hingga ruam di sekitar wajah yang tertutup masker.

"Permasalahan kulit ini memang bisa muncul karena saat pakai masker. Kan pengap, keringat, dan istilahnya itu ngelekeb," kata Susie dalam webinar Jaga Kulit Tetap Sehat Selama Pandemi, Kamis (26/8/2021).

Belum lagi uap air yang semakin banyak tertahan di balik masker dapat meningkatkan risiko tumbuhnya jerawat di kulit.

Cara agar tak berjerawat saat memakai masker adalah dengan mengurangi berbicara. Berbicara membuat uap air semakin banyak di masker.

"Salah satu yang dikerjakan selain mengganti masker atau hal-hal lain, yang harus dikurangi adalah berbicara. Karena semakin banyak bicara uap air yang diproduksi banyak," kata Susie.

Berbicara secukupnya adalah salah satu hal yang bisa dilakukan agar tak hanya terhindar dari Covid-19 tapi juga bisa meminimalisir gangguan kulit yang bisa menyerang area wajah Anda.

Tips lainnya yang dibagikan Susie adalah dengan rutin mengganti masker setiap tiga hingga empat jam sekali. Anda juga dianjurkan mencuci muka setiap kali akan mengganti masker. Cucilah muka dengan air bersuhu normal. Jangan gunakan air hangat atau air panas karena dapat menyebabkan iritasi.

"Kurangi juga penggunaan make up selama Anda pakai masker agar kulit tidak lembap karena keringat dapat bercampur dengan make up yang tertutup masker," kata Susie.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews