Capaian Vaksinasi Covid-19 di Meranti Masih Rendah

Capaian Vaksinasi Covid-19 di Meranti Masih Rendah

Vaksinasi Covid-19 bagi warga di Meranti, Riau beberapa waktu lalu. (Foto: dok. Batamnews)

Meranti, Batamnews - Antusias warga di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau mengikuti vaksinasi Covid-19 terbilang cukup rendah. 

Data dari Tim Satgas Covid-19 setempat, persentase keseluruhan warga yang sudah divaksin hanya berkisar 10 sampai 18 persen dari total sasaran vaksin sebanyak 160.392 orang.

"Secara keseluruhan, vaksinasi untuk dosis pertama 18 persen. Sedangkan dosis kedua baru 10 persen," ungkap Jubir Satgas Covid-19 Meranti, Muhammad Fahri, Kamis (26/8/2021).

Lebih detail, dikatakan dia, ada sebanyak 28.258 orang yang sudah melakukan vaksin pertama. Lalu, untuk dosis kedua ada 16.056 orang.

Terhambatnya proses vaksinasi tak terlepas dari minimnya persediaan vaksin di kabupaten termuda di Riau itu. Bahkan, beberapa pekan lalu sempat juga terjadi kekosongan stok.

"Kita semua tahu, stok vaksin itu kosong memang dari pusat. Kita di daerah tentu terkena imbasnya. Jadi karena itulah proses vaksinasi sempat terhambat," ujarnya.

Namun, Fahri menyebut kekosongan stok vaksin itu kini terisi seiring dengan masuknya pasokan bagi Meranti dari Provinsi Riau.

Sebanyak 140 vial vaksin jenis Sinovac yang telah diterima. Tak hanya itu saja, jenis Moderna juga didapat.

"Untuk Moderna, kita dapat 300 vial," kata Fahri.

Untuk jenis Sinovac, peruntukannya khusus bagi institusi seperti TNI dan Polri. Sedangkan Moderna diberikan untuk masyarakat umum.

"Setelah nakes (tenaga kesehatan) yang kita berikan Moderna, masyarakat juga akan kita berikan. Tapi khusus bagi mereka yang belum pernah divaksin, artinya ini untuk dosis pertama," terangnya.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews