Jokowi Perintahkan Hasil PCR Keluar 1x24 Jam, Ini Kendalanya di Batam

Jokowi Perintahkan Hasil PCR Keluar 1x24 Jam, Ini Kendalanya di Batam

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Selain memerintahkan tarif Polymare Chain Reaction (PCR) turun pada kisaran Rp 450-550 ribu, Presiden RI, Joko Widodo juga memerintahkan hasil test PCR bisa diketahui dalam waktu 1 x 24 jam.

Terkait hal ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Kepulauan Riau pesimistis perintah Presiden Jokowi tersebut bisa terwujud.

"Terutama jika pelaksanaan test dilakukan di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL-PP) Batam. Hasil PCR bisa keluar dalam 2-3 hari," kata Kepala Dinkes Batam, Didi Kusmarjadi, Senin (16/8/2021).

Baca: Tarif Tes PCR Covid-19 di Batam Masih Tinggi

Lamanya proses pemeriksaan sampel usap tersebut karena dipengaruhi beberapa faktor. Diantaranya adalah sampel yang diperiksa BTKL-PP cukup banyak dan juga sumber daya manusia (SDM) yang terbatas.

“Waktu pemeriksaan juga terbatas, hanya sampai sore saja berputar alatnya,” katanya.

Namun untuk penyelenggara test PCR lainnya, Didi mengaku optimistis target 1 x 24 jam bisa terealisasi. Misalnya di laboratorium Rumah Sakit Awal Bros (RSAB), hasil pemeriksaan sampel bisa keluar pada hari itu juga.

“Kalau pagi sampel sudah diperiksa, sore sudah keluar hasilnya, jadi bisa kurang dari 24 jam,” jelasnya.

Ia menyampaikan pemeriksaan sampel di BTKL-PP berkaitan dengan penelusuran kontak (tracing) sehingga masuk dalam program pemerintah, dan tidak dipungut biaya.

Sedangkan pemeriksaan dilakukan fasilitas layanan kesehatan, bersifat mandiri yakni untuk keperluan di luar tracing, misalnya bagi pelaku perjalanan, melamar pekerjaan dan lainnya.

Baca: Kadinkes Batam Tunggu Permenkes Tarif PCR

Berdasarkan data New All Record (NAR), ada 10 penyelenggara tes PCR di Batam yang diakui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Ke-10 penyelenggara tes PCR itu yakni Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Batam, Laboratorium RSUD Embung Fatimah, RSKI Galang dan Laboratorium Rumah Sakit Awal Bros Batam.

Kemudian, Laboratorium Klinik Medilab Batam, Rumah Sakit Elizabeth Batam, Laboratorium RSBP Batam, Laboratorium Rumkitban Batam, Laboratorium RS Bhayangkara Polda Batam dan Laboratorium Klinik Utama Aeskulap Batam.
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews