Batam dan Tanjungpinang Tak Masuk Tabel Luar Jawa-Bali, Turun Level?

Batam dan Tanjungpinang Tak Masuk Tabel Luar Jawa-Bali, Turun Level?

Tabel 45 kabupaten/kota luar Jawa-Bali dengan status PPKM Level 4.

Batam, Batamnews - Pemerintah resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali hingga 16 Agustus 2021, serta di luar Jawa-Bali hingga 23 Agustus 2021.

Khusus di luar Jawa-Bali, total ada 45 kabupaten/kota dengan status level 4. Kemudian 302 kabupaten/kota terdiri dari sebagian asesmen level 3 dan 4. Sementara itu, 39 kabupaten/kota lainnya status level 2.

Berdasarkan data, dari 45 kabupaten/kota dengan status level 4 tersebut, tidak ada lagi nama Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Sebelumnya, di Kepri, Kota Batam dan Tanjungpinang masuk dalam daftar wilayah dengan status level 4.

Belum diketahui pasti, apakah kedua kota tersebut turun ke level 3 atau 2. Pasalnya, belum ada keterangan resmi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri terkait informasi tersebut.

Baca juga: Pemerintah Kembali Perpanjang PPKM Level 4 hingga 16 Agustus

Sebelumnya, Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengaku masih menunggu arahan dari pemerintah pusat terkait kelanjutan PPKM di Provinsi Kepri.

“Kita tunggu pemerintah pusat saja. Saya rasa pemerintah pusat sudah ada pertimbangan-pertimbangan khususnya,” ujar Ansar usai meninjau vaksinasi Apindo Kepri di Batam Center, Minggu (8/8/2021).

Sementara itu, Wali Kota Muhammad Rudi juga mengaku masih menunggu instruksi Menteri Dalam Negeri terkait dengan keberlanjutan PPKM di Batam, Kepulauan Riau.

"Saya sedang menunggu intruksi dari Mendagri,” ujar Rudi, Senin siang.

Baca juga: PPKM di Batam dan Tanjungpinang Diperpanjang hingga 23 Agustus

Sebagaimana diketahui, Batam masuk PPKM Level 4 karena angka kasus konfirmasi positif Covid-19 lebih dari 150 orang per 100.000 penduduk per minggu.

Kemudian juga kejadian rawat inap karena Covid-19 di rumah sakit lebih dari 30 orang per 100.000 penduduk per minggu. Sementara, angka kematian akibat Covid-19 lebih dari 5 orang per 100.000 penduduk per minggu.

Pada Minggu (8/8/2021), Batam juga mencatatkan rekor terendah kasus baru positif Covid-19 yakni sebanyak 87 kasus dalam sehari.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews