Ilmuwan Inggris Yakini Ada Varian Covid-19 yang Bisa Kalahkan Vaksin

Ilmuwan Inggris Yakini Ada Varian Covid-19 yang Bisa Kalahkan Vaksin

Suntik vaksinasi Covid-19. (Foto: ist)

Batam, Batamnews - Sebuah analisis oleh sekelompok peneliti penasehat pemerintah Inggris meyakini kemunculan varian Covid-19 di masa depan yang akan mengalahkan vaksin saat ini. Dalam laporan yang dipublikasi di situs resmi gov.uk, peneliti meyakininya karena beberapa alasan.

Alasan pertama adalah karena virus penyebab Covid-19, SARS-COV-2, sudah menyebar sangat luas sehingga hampir tidak mungkin dieliminasi. Artinya virus akan terus bermutasi dan menghasilkan varian-varian baru yang lebih resistan terhadap vaksin.

"Hampir bisa dipastikan... akumulasi variasi antigenik secara perlahan pada akhirnya akan berujung pada kegagalan vaksin yang tersedia saat ini," kata peneliti seperti dikutip dari CNN, Jumat (6/8/2021).

Peneliti menyarankan pihak yang memiliki otoritas terus berusaha menekan kasus COVID-19 di tengah masyarakat, menekan kemungkinan munculnya varian baru. Selain itu peneliti juga menyarankan agar lebih banyak riset pengembangan vaksin baru yang lebih efektif.

Berbagai varian COVID-19 yang sudah terdeteksi memang diketahui memiliki tingkat resistansi terhadap imunitas yang dipicu oleh vaksin, namun tidak seutuhnya. Vaksin Covid-19 disebut masih bisa memberikan efek perlindungan mengurangi kasus infeksi parah dan kematian.

(fox)