2.612 Pelamar CPNS Pemko Batam Tak Lolos Administrasi Bisa Ajukan Sanggahan

2.612 Pelamar CPNS Pemko Batam Tak Lolos Administrasi Bisa Ajukan Sanggahan

ilustrasi.

Batam, Batamnews - Seleksi administrasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kota Batam telah dimulai. Hasilnya 2.612 pendaftar dinyatakan gugur dalam tahap seleksi tersebut. 

Sebelumnya pendaftaran dibuka 14 Juni dan berakhir 26 Juli 2021.

Baca juga: Tes CPNS Tanjungpinang, Satpol PP Paling Diminati

 Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam, Hasnah mengatakan dalam satu bulan lebih dibuka pendaftaran CPNS, ribuan pendaftar tidak lolos seleksi administrasi. 

Berdasarkan data total pendaftar mencapai 11.656 pelamar. “Yang mendaftar cukup banyak,” ujar Hasnah, Selasa (3/8/2021). 

Hasnah menyebutkan total pendatar untuk CPNS sebanyak 7.983 orang, dan 5.610 diantaranya memenuhi syarat, dan 2.731 dinyatakan tidak memenuhi syarat. 

"Ribuan pelamar yang tidak memenuhi syarat ini masih bisa mengajukan sanggahan," katanya. 

Proses pengajuan sanggahan dapat dilakukan melalui aplikasi sscasn https://sscasn.bkn.go.id dari mulai tanggal 4 Agustus hingga 6 Agustus 2021. 

Selanjutnya Pemerintah Kota Batam dapat memberikan tanggapan sanggah dan melakukan verifikasi kembali sesuai dengan persyaratan umum dan khusus yang telah ditentukan.

Baca juga: Penerimaan CPNS dan PPPK Batam, Sekda Ingatkan Jangan Terima Tawaran Aneh-aneh

 "Jadi kalau keberatan dengan hasil seleksi, pendaftar masih ada kesempatan untuk menyanggah hasil seleksi," ujarnya. 

Sementara itu, untuk total pendaftar pegawai pemerintah dengan perjanjaian kerja (PPPK) non guru sebanyak 324 orang, dengan rincian 85 memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat 239 pendaftar. Sementara untuk tenaga PPPK guru jumlah yang mendaftar sebanyak 2.718 orang.

16 formasi tak ada pelamar

Namun dalam proses penerimaan CPNS tahun  ini, tidak semua formasi dilirik para pelamar. Ada 16 formasi yang tidak ada pelamar, yaitu  10 tenaga kesehatan, dan 6 formasi untuk tenaga arsiparis.

"Meskipun sudah diperpanjang waktu pendaftaran untuk formasi ini masih kosong sampai pendaftaran resmi ditutup,” kata dia.

Baca juga: Pelamar CPNS Batam Capai 3.880 Orang, Ini Formasi Paling Diminati

Untuk tahun ini dibuka 445 formasi CPNS dan 2.821 untuk tenaga PPPK. Sebelumya pada 2019 lalu, Pemko Batam mengajukan kebutuhan CPNS, 1.980 orang, untuk penerimaan tahun 2020. 

Namun yang disetujui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB), hanya 140 orang. Dimana, untuk tenaga pendidikan sebanyak 71 formasi, tenaga kesehatan 42 formasi dan tenaga teknis sebanyak 27 formasi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews