Status PPKM di Batam Tunggu Pemerintah Pusat 

Status PPKM di Batam Tunggu Pemerintah Pusat 

Wali Kota Batam, HM Rudi saat memberikan keterangan terkait perpanjangan PPKM di alun-alun Engku Putri, Batam Centre, Sabtu (24/7/2021). (Foto: instagram @batamnewsonline)

Batam, Batamnews - Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 berakhir pada hari ini, Senin (2/8/2021). Namun hingga kini belum ada keputusan lanjut mengenai status PPKM dilanjutkan atau tidak. 

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan pemberlakuan PPKM di Batam masih menunggu kepastian dari Pemerintah Pusat.

Baca juga: Nasib PPKM Level 4 Tunggu Keputusan, Begini Perkembangan Covid di Batam

"Kita masih menunggu sebetulnya keputusan dari Mendagri tentang pelaksanaan PPKM yang hari ini berakhir. Besok sudah harus yang baru," ujar Rudi. 

Ia menjelaskan situasi level PPKM ditentukan oleh kasus Covid-19, angka kesembuhan pasien Covid-19 dan persentase Bed Occupancy Ratio (BOR). 

Namun melihat perkembangan kasus Covid-19 saat ini, Rudi menyampaikan ada penurunan. Selain itu jumlah angka kesembuhan pasien Covid-19 mencapai 1.000 orang lebih. 

“Harapan kami, semoga Batam bisa turun menjadi level 3,” katanya.

Adapun penurunan kasus Covid-19, Rudi mengklaim hal itu karena penerapan PPKM selama kurang lebih satu bulan belakangan. Mobilitas masyarakat sudah mulai terbatas sejak PPKM.

Baca juga: Pemerintah Umumkan Keputusan soal PPKM Level 4 Hari Ini

“Tiga minggu PPKM ini, orang-orang yang mengalami penyekatan tidak terjangkit, sementara yang sedang dirawat atau isolasi fokus kesembuhan,” kata dia. 

Sementara itu, jumlah kasus aktif Covid-19 di Batam hingga 2 Agustus 2021 mencapai 2.308 orang.

Dengan penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 270 orang, dan yang sembuh mencapai 196 orang.

(ret)