Capaian Vaksinasi Covid-19 Kepulauan Riau Tertinggi di Indonesia

Capaian Vaksinasi Covid-19 Kepulauan Riau Tertinggi di Indonesia

Ilustrasi.

Tanjungpinang, Batamnews - Kepulauan Riau menjadi provinsi dengan capaian vaksinasi tertinggi di Indonesia. Hingga Senin (2/8), sudah 1.028.499 orang penduduk Kepri yang divaksinasi Covid-19 dosis 1. 

Dengan angka 65,5 persen penduduk sudah divaksin, Kepri jauh melampaui capaian nasional yang berada di 22,80 persen.

“Sebagian kabupaten/kota sudah 70 persen. Tapi provinsi masih 65 persen lebih. Kita target 100 persen. Karena kewajiban kita mevaksinasi masyarakat kita itu 70 persen dari jumlah penduduk kita, maka sebenarnya 70 persen dari jumlah penduduk harus kita vaksinasi keseluruhan,” sebut Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, Senin (2/8/2021).

Saat ini ada tiga provinsi yang capaian vaksinasinya diatas capaian nasional yang sebesar 22,80 persen. Yaitu Provinsi Kepulauan Riau sebesar 65,5 persen, Sulawesi Utara 36,15 persen dan Jambi 23, 94 persen. Provinsi Kepri punya acara tersendiri untuk memaksimalkan capaian vaksinasi Covid-19. 

“Kemarin itu kita pakai target 50 persen dan lanjut 70 persen, untuk memacu semangat teman-teman di kabupaten/kota. Supaya memacu itu, sehingga ada target-target angka yang kita targetkan. Mereka harus kejar,” tambah Ansar.

Ansar mengaku berterima kasih atas tingginya capaian vaksinasi di Kepri, pada seluruh instansi yang turut melaksanakan vaksinasi. 

“Terimakasih sekali. Terus terang saja laju capaian vaksinasi kita ini peran besar adalah TNI Polri, termasuk teman kejaksanaan dan BIN. Karena masing-masing mereka juga punya akses-akses khusus ke masyarakat,” ungkap Gubernur.

Rasa terimakasih juga disampaikan pada kelompok-kelompok masyarakat, asosiasi, dan pimpinan perusahaan serta tokoh-tokoh agama. 

Di samping itu, Ansar juga menyambut baik masyarakat Kepri yang kini sudah semakin sadar untuk melaksanakan vaksinasi.

“Masyarakat sudah menyadari karena Covid ini tidak main-main. Hari-hari orang berjatuhan, sakit Covid, meninggal dunia. Salah satu cara selain protokol kesehatan, juga vaksinasi. Karena kesadaran itu juga, saat ini justru masyarakat yang datang membutuhkan vaksinasi,” ujar dia.

(*)