Profil Akidi Tio Penyumbang Rp 2 Triliun untuk Tangani Covid-19 di Sumsel

Profil Akidi Tio Penyumbang Rp 2 Triliun untuk Tangani Covid-19 di Sumsel

Keluarga Almarhum Akidi Tio memberikan sumbangan sebesar Rp2 Triliun untuk penanganan Covid-19 di Sumsel (Foto:Humas Pemprov)

Palembang, Batamnews - Almarhum Akidi Tio menjadi pembicaraan masyarakat belakangan usai keluarga besarnya memberikan hibah senilai Rp 2 triliun untuk penanganan Covid-19 di Provinsi Sumatera Selatan selama PPKM Level 4.

Kabar pemberian dana hibah itu terungkap lewat media sosial Humas Polda Sumatera Selatan pada Senin (26/7/2021).

Pihak keluarga Akidi Tio menyerahkan hibah itu pada Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra Heri di ruang Rekonfu Mapolda Sumsel, Palembang.

Profil Akidi Tio pun membuat penasaran masyarakat.

Baca juga: Dokter Ini Ungkap Alasan Mendiang Akidi Tio Sumbang Rp 2 Triliun Tangani Covid

Prof dr Hardi Darmawan membeberkan, almarhum adalah seorang pengusaha di bidang pembangunan dan kontraktor asal Langsa, Aceh Timur.

“Almarhum itu pengusaha di bidang perbesian dan kontainer,” ujar Hardi, dilansir dari Kompas.com.

Hardi adalah dokter yang telah bekerja selama 48 tahun bagi keluarga Akidi. Ia adalah orang yang membantu keluarga Akidi menyerahkan bantuan itu.

"Saya juga kaget saat ditelpon anaknya untuk menyerahkan bantuan ini, karena memang nilainya besar," tutur Hardi.

Menurut Hardi, Akidi memiliki 7 anak di mana enam orang di antaranya tinggal di Jakarta dan satu orang tinggal di Palembang. Akidi Tio sendiri semasa hidup pernah menetap di Palembang.

 

“Semua anaknya pengusaha, mendiang bapak Akidi juga berpesan kepada anaknya jika sukses dalam bidang usaha apapun agar membantu orang miskin,” ujar Hardi.

Hardi mengungkapkan, keluarga Akidi Tio sering membantu masyarakat, termasuk beberapa panti jompo di Palembang dan warga yang terdampak pandemi.

“Seperti kepada orang-orang yang melakukan isolasi mandiri, mereka banyak membantu misalnya kirim makanan. Hanya saja memang tidak dipublikasi," ujar Hardi.

Pihak keluarga kini menyerahkan sepenuhnya pada Pemprov Sumsel untuk menggunakan dana hibah itu untuk seluruh kebutuhan penanganan Covid-19.

Baca juga: Wow! Warga Sumsel Sumbang Rp 2 Triliun Bantu Tangani Covid-19

"Itu amanah dari keluarga beliau. Apalagi memang saat ini banyak sekali terjadi masalah, baik dari rumah sakit, peralatan, nakes, macam-macam. Diharapkan, bantuan yang diberikan bisa bermanfaat,” imbuh Hardi.

Gubernur Sumsel, H Herman Deru mengucapkan apresiasinya pada keluarga almarhum Akidi Tio atas bantuan.

“Kita bangga ya, keluarga almarhum Akidi Tio ini ikut serta memberikan kepedulian terhadap penanganan Covid-19 di Sumsel. Apalagi jumlah dana yang diberikan sangat besar mencapai Rp2 triliun,” ujar Herman.

Ia berharap, hibah itu dapat membantu dan memberi motivasi bagi Sumsel melewati pandemi dan PPKM Level 4.

"Dengan harapan aktivitas sosial kembali normal kembali," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews