Ilustrator Kartun Nabi Muhammad, Kurt Westergaard Meninggal Dunia

Kurt Westergaard dilaporkan meninggal dunia.

Jakarta, Batamnews - Seorang kartunis asal Denmark yang pernah menghebohkan dunia karena melakukan penistaan agama dengan menggambar kartun Nabi Muhammad SAW, Kurt Westergaard, dilaporkan meninggal dunia.

Kartunis itu meninggal di usia 86 tahun. Ia disebut meninggal akibat penyakit yang telah lama dideritanya. Ia dikabarkan wafat pada Minggu (18/7/2021) oleh surat kabar Denmark Berlingske.

Sebagaimana diketahui, Westergaard pada tahun 2006 silam, pernah membuat sebuah gambar karikatur Nabi Muhammad SAW yang mengenakan sorban dari bom.

Aksinya itu memancing kemarahan kaum Muslim dunia dan gelombang boikot terhadap Denmark. Bahkan, beberapa kedutaan Denmark di negara-negara Muslim pun ditutup karena gelombang unjuk rasa besar-besaran.

Baca juga: Terbang ke Luar Angkasa, Jeff Bezos Rogoh Rp 14,5 Triliun

Pada saat itu, Westergaard berkelit bahwa tujuannya menggambarkan karikatur itu untuk menyerang kaum-kaum islamis yang menggunakan ayat suci Al Quran untuk kekerasan. Namun dalam Islam, aksi menggambar Nabi Muhammad SAW adalah sesuatu yang sangat dilarang.

"Saya ingin dikenang sebagai orang yang menyerang kebebasan berbicara," kata Westergaard dalam kutipan yang diterbitkan oleh Berlinske sebagaimana dilansir CNN International.

"Tapi tidak ada keraguan bahwa ada seseorang yang akan mengingat saya sebagai setan yang menghina agama satu miliar orang."

Westergaard hidup di bawah perlindungan polisi di tahun-tahun terakhir hidupnya dan pihak berwenang Denmark menangkap sejumlah orang yang terkait dengan dugaan persekongkolan terhadap hidupnya.

Pada Februari 2011, pengadilan Denmark menjatuhkan hukuman 9 tahun penjara kepada seorang warga negara Somalia atas percobaan penyerangan terhadap Westergaard di rumahnya pada tahun 2010.

(ruz)